PBNU Distribusikan Puluhan Ribu Paket Sembako ke Berbagai Penjuru Indonesia
Cari Berita

Advertisement

PBNU Distribusikan Puluhan Ribu Paket Sembako ke Berbagai Penjuru Indonesia

Redaksi
Jumat, 15 Mei 2020

Muslimoderat.net - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyalurkan 13.950 paket bantuan dalam bentuk Sembilan Bahan Pokok (Sembako) untuk masyarakat terdampak Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan pendistribusian secara simbolis dilangsungkan di Pesantren Al-Tsaqafah, Jakarta Selatan, Kamis (14/5).

Bantuan tersebut berasal dari Musisi campur sari ternama Alm Didi Kempot yang disalurkan ke NU Care-LAZISNU melalui Kompas TV beberapa waktu yang lalu. Terdapat 11 truk besar yang membawa ribuan paket sembako yang didonasikan Sobat Ambyar melalui Konser Amal Didi Kempot di televisi ini.

Sembako akan dibagikan kepada masyarakat yang rentan terkena dampak Covid-19 di Pulau Jawa dan luar Jawa. Dipimpin langsung oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, proses pendistribusian sembako secara simbolis berjalan dengan sukses dan lancar.

"Kali ini PBNU menyalurkan bantuan berupa Sembako kepada masyarakat yang terkena dampak sosial-ekonomi wabah Covid-19 di DKI Jakarta, Banten, Cirebon, Kuningan, Majalengka, bahkan ada yang sampai keluar Jawa," kata Kiai Said.

Kiai Said mengungkapkan, PBNU telah dipercaya banyak pihak untuk menyalurkan bantuan ke masyarakat, salah satunya dari Kompas TV yang mendonasikan Rp 2 miliar lebih, hasil dari Konser Amal dari Rumah Didi Kempot.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Kompas TV, yang telah ikut andil besar memberikan bantuan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 melalui PBNU. Terima kasih sekali lagi. Semoga semakin jaya," ucapnya.

Pengasuh Pesantren Al-Tsaqafah Ciganjur, Jakarta Selatan tersebut pun menegaskan bahwa pihaknya akan menyalurkan bantuan ini dengan amanah.

"Alhamdulillah, kita pun dengan amanah menyalurkan bantuan ini. Tidak ada yang disisakan, tidak disisihkan, semuanya disalurkan. Kita sudah pengalaman menyalurkan bantuan. Kepada (korban) bencana alam, juga di berbagai kesempatan. Tepat sasaran, sampai mustahiqin (yang berhak), sampai ke yang berhak," tegasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Pengurus Pusat Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) H Achmad Sudrajat menyebut, program kerja sama dengan Kompas TV diimplementasikan dalam bentuk Sembako sejumlah 13.950 paket.

Dirinya juga merinci, selain wilayah yang sudah disebutkan Kiai Said, bantuan juga disalurkan ke Bandung, Karawang, 33 kabupaten/kota di Jawa Tengah, Jatim, DI Yogyakarta, NTB, Bali, Lampung, Jambi, Kepulauan Riau, Pontianak, Samarinda, Kabupaten Konawe, Kota dan Kabupaten Sorong di Papua.

"Program kerja sama ini juga didistribusikan untuk membantu fakir, miskin, Lansia, difabel, guru ngaji, marbut masjid, dan kelompok lain yang terdampak Covid-19,"  tuturnya.

Sumber: NU Online