Gus Mus: Tidak Ada yang Bisa Dibanggakan Selain Syafaat Nabi
Cari Berita

Advertisement

Gus Mus: Tidak Ada yang Bisa Dibanggakan Selain Syafaat Nabi

Redaksi
Rabu, 18 Desember 2019

Muslimoderat - Dalam pandangan KH Mustofa Bisri, tidak ada yang bisa menjamin kelak di akhirat akan selamat dan masuk surga.

Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin Rembang, KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) mengatakan, tidak ada yang bisa menjamin kelak di akhirat akan selamat dan masuk surga. Yang justru  dapat diandalkan adalah syafaat Nabi Muhammad SAW. 

“Tidak ada daya apapun dari diri kita yang bisa menjamin keselamatan kelak di akhirat kecuali gandolan jubahnya kanjeng Nabi,” kata Gus Mus saat mengisi Maulif Nahi Muhammad di lapangan Hidup Sejahtera Santosa (HSS) di Desa Bungah, Gresik, Senin (16/12/2019).

Menurut Gus Mus, satu-satunya amaliah umat Islam yang tidak akan diragukan diterima yakni bershalawat kepada Nabi.   

“Hal ini sebagaimana yang dijaminkan Nabi Muhammad SAW serta akan memberikan syafaat kepada umat yang mau bershalawat kepadanya,” ujarnya. 

Gus Mus mengajak kaum Muslimin untuk tidak terlalu berbangga diri dengan amaliah dan ibadah yang dilakukan setiap saat. Apalagi memiliki keyakinan berlebih bahwa hal tersebut akan mengantarkan masuk ke dalam surga. 

“Sudahlah, apa yang mau dibanggakan dari diri kita. Kita ini tidak punya apa-apa,” ungkapnya. 

Gus Mus kemudian menceritakan sosok Imam al-Qusyairi yang berkali-kali bertemu Rasulullah meski dalam mimpi. Dan dirinya mengaku tidak akan menjadikan hal tersebut sebagai jaminan masuk surga kecuali mengikuti Nabi Muhammad. 

Selanjutnya, Gus Mus mengajak semua kalangan menyadari bahwa kalau dikuliti lagi ternyata banyak hal detil dari amal kebaikan yang belum dikerjakan. Yang ditemukan justru  atau aneka kesalahan, terlebih keburukan hati. 

“Kalau melihat kenyataan yang demikian, rasanya tidak ada yang bisa diandalkan di hadapan Allah SWT,” urainya.   

Sumber : NUOnline