Ngaji Gus Baha, Tidak Usah Ketika Digunjing dan Dighibah Orang Lain
Cari Berita

Advertisement

Ngaji Gus Baha, Tidak Usah Ketika Digunjing dan Dighibah Orang Lain

Redaksi
Minggu, 20 Oktober 2019

Muslimoderat.net -- Dalam sebuah video rekaman ceramah,  Gus Baha mengatakan, "Saya saat difitnah orang, saya ingat-ingat nasihat ulama. Seperti Abu Yazid Al Bustomi," kata Gus Baha.

"Jika kita digunjingkan orang lain harus ingat bahwa mereka pun adalah manusia biasa, juga bukan yang mengatur hidup dan mati manusia. Namun, apabila Allah yang membicarakan kita, maka itu adalah masalah," ujar Gus Baha.

"Mereka itu siapa? ya orang. Lah iya orang. Orang itu bukan yang mengatur hidupku, bukan yang mengatur matiku. Makanya tidak masalah, kalau yang ngomongin saya Allah, baru masalah," terangnya.

Selain itu, tambah Gus Baha, jika hidup kita digunjingkan orang lain supaya tak sakit hati caranya adalah mengingat bahwa kita tidak membutuhkan mereka yang selalu melakukan ghibah. Tapi yang kita butuhkan adalah rahmat dari Allah SWT.

"Makanya tidak masalah digunjingkan orang. Jadi kalau sedang diomongin orang ingat saja, kalau mereka juga manusia yang hidupnya bergantung kepada Allah. Kamu juga bergantung kepada Allah. Sama-sama tidak jelasnya, kok susah," jelasnya.

Sekali lagi Gus Baha menegaskan, orang lain yang membicarakan kita tidak perlu dianggap. Sebab, mereka bukanlah yang mengatur hidup.

"Saya kalau diomongin orang inginnya susah. Tapi ketika saya ingat dia bukan yang mengatur kehidupanku, dan saya bisa istighna' tidak membutuhkan dia," pungkasnya.[ad/mm]