Pimpin Apel, Habib Luthfi Ziarah di TMP Pekalongan

Pimpin Apel, Habib Luthfi Ziarah di TMP Pekalongan

Muslimoderat - Rais 'Aam Idarah Aliyah Jam'iyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (Jatman) Habib Luthfi bin Yahya Selasa (12/11) sore bersama Komandan Kodim (Dandim) dan Kapolres Pekalongan Kota melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Pekalongan.

Kegiatan ziarah yang diawali dengan apel, tabur bunga, dan pembacaan yasin dan tahlil diikuti oleh seluruh tamu undangan dari jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), anggota TNI, Anggota Polri, veteran, Satpol PP, Dishub, Banser, Pemuda Pancasila, dan santri berlangsung khidmat.

Usai pimpin apel, Habib Luthfi didampingi istri, Ketua DPRD, Dandim, Kapolres, dan beberapa tamu undangan melakukan tabur bunga ke beberapa makam pahlawan.

Secara khusus, Habib Luthfi melakukan doa di makam nomor 001 atas nama Mbah Plangi. Usai berdoa dengan khusyu' di makam ini, Habib Luthfi melanjutkan perjalanan dan tidak bergabung dengan peserta apel yang sedang menggelar yasinan.

Ketua PCNU Kota Pekalongan, H Muhtarom, berharap kegiatan ziarah bersama di samping sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan NKRI, juga menjadi teladan yang ditunjukkan Habib Luthfi bagaimana seharusnya menghargai pahlawan.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Ibu yang hadir di sini menemani Habib Luthfi sekaligus membaca surat Yasin dan tahlil. Semoga apa yang kita lakukan di TMP ini mendapat ridla dari Allah SWT," ujarnya.

Kepada NU Online, H Muhtarom mengungkapkan, acara ziarah yang bertepatan dengan Hari Pahlawan yang dilakukan Habib beserta rombongna merupakan acara yang sangat penting.

"Ini upaya memberikan pemahaman kepada generasi muda khususnya tentang kepahlawanan dan semangat juang nasionalisme dan patriotime, termasuk generasi milenial diajarkan bagaimana menghargai  jasa-jasa para pahlawan," ungkapnya.

Dikatakan, Habib Luthfi tidak sekedar mengajak, akan tetapi memberikan contoh bagaimana seharusnya menunjukkan nasionalisme dan patriotisme kepada negeri.

"Ini contoh yang dilakukan Habib Lutfi kepada generasi milenial bagaiamana seharusnya menghargai dan meneladani para pahlawan dalam berjuang, merebut, dan mempertahankan NKRI," pungkasnya.

Terkait salah satu makam atas nama Mbah Plangi yang sempat diziarahi Habib Luthfi disebutkan bahwa Mbah Plangi adalah sosok pejuang perempuan pimpinan panglima perang angkatan laut yang makamnya sering diziarahi oleh warga Kabupaten Pemalang setiap Selasa malam.

"Mbah Plangi adalah penghuni TMP Kota Pekalongan pertama kali. Bahkan, konon Mbah Plangi sudah ada makamnya di kawasan TMP sebelum dibangun oleh Pemerintah Kota Pekalongan sebagai taman makam pahlawan," ujar Marjo, peserta rombongan ziarah.

Sumber: NU Online

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar