Ngaji Gus Ghofur: Hanya Demi 1 Hadits, Ulama’ Ini Jalan dari Madinah ke Syam

Ngaji Gus Ghofur: Hanya Demi 1 Hadits, Ulama’ Ini Jalan dari Madinah ke Syam

Oleh KH Dr Abdul Ghofur Maimoen Zubair, Katib Syuriah PBNU.

Muslimoderat - Imam Al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad meriwayatkan dari Jabir bin Abdullah, salah satu sahabat Rasul yang banyak meriwayatkan Hadis:

Ada informasi yang saya terima tentang sebuah Hadis yang didengar oleh seorang sahabat dari Baginda Rasul saw. Saya membeli unta demi perjalanan ini. Saya kencangi pelananya, lalu melakukan perjalanan selama sebulan hingga sampai di Syam.

Ternyata, sahabat tersebut adalah Abdullah bin Unais. Saya katakan kepada penjaga rumahnya, “Katakan padanya, Jabir ada di depan pintu!” Kemudian, meneruskan pesan tuan rumah dia bertanya, “bin Abdullah?” Saya jawab, “Ya!”

Abdullah bin Unais keluar rumah dan memelukku. Segera saya sampaikan:

“Hadis sampai padaku darimu, bahwa engkau mendengarnya dari Rasulullah. Saya khawatir, saya wafat atau engkau wafat (sebelum saya mendengarnya).”

Dia (Abdullah bin Unais) menjawab:

Saya mendengar Rasulullah berkata: “Allah akan mengumpulkan manusia pada hari kiamat dengan telanjang dan kilup (belum disunat) .. al-Hadiitsa ..”

Jabir adalah seorang sahabat yang mengabdikan diri untuk mengajar di Masjid Nabawi. Majelisnya di Masjid Nabawi banyak dikerumuni oleh para pencari ilmu. Beliau adalah salah satu muftinya. Tak segan beliau melakukan perjalanan selama satu bulan untuk ke Syam hanya demi satu Hadis.

Yuk semangat mencari ilmu! Semoga merupakan jalan menuju sorga kelak. Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin ..

+++

Alhamdulillah di Majelis Haul Al-‘aarif billah KH. Abdul Hamid Pasuruan bertemu dengan ulama-ulama besar: Pejabat Rais Am Syuriyah PBNU, Ketua Umum PBNU, KH. Ali Masyhuri, Gus Baha’ dan Gus Ipul.

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar