Hidup dalam Keberagaman, Habib Ali Al-Jufri Puji Karakter Muslim Indonesia

Hidup dalam Keberagaman, Habib Ali Al-Jufri Puji Karakter Muslim Indonesia

Muslimoderat.net - Ulama kharismatik asal Uni Emirat Arab Habib Ali Zainal Abidin Bin Abdurrahman Al-Jufri memuji karakter umat Muslim Indonesia. Katanya, perpaduan budaya dan ajaran Islam menjadikan karakter masyarakat Indonesia cinta damai dan menebar kasih sayang baik kepada sesama Muslim maupun non-Muslim.

“Muslim Indonesia asli dengan tabiatnya dan kebudayaannya yaitu berdasar cinta damai dan dalam waktu yang sama juga ada keberanian hidup dengan konsep keberagaman,” kata Habib Ali ditemui NU Online usai menjadi pembicara utama di Seminar Internasional yang diselenggarakan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (30/11).

Sahabat sekaligus murid Habib Umar bin Hafidz Yaman ini menjelaskan, karakter muslim Indonesia tidak terlepas dari ajaran yang dibawa oleh wali songo abad ke 14. Kala itu, lanjut Habib Ali, imam (wali songo) yang berasal dari Arab tersebut menyelaraskan ajaran Islam dan budaya Nusantara.

Ia juga menyebut pemahaman masyarakat Islam Indonesia adalah pemahaman sunni yang elegan karena mengejawantahkan ajaran Imam Syafi’i sebagai ajaran islam yang menghormati perbedaan.

“Sehingga mereka para wali itu mampu menyebarkan Islam secara praktikal di dalam akhlak dan interaksinya hingga menghasilkan perpaduan. Mereka melihat Islam itu teraplikasikan dalam diri wali songo dan kenaturalan orang Indonesia,” ucapnya.

Selain itu, penyebab cepatnya islamisasi di Indonesia karena peranan wali songo yang tidak menghilangkan budaya dan tradisi masyarakat. Meski begitu, kata Habib Ali, wali songo mengajarkan masyarakat agar terus memperkuat hubungan mereka dengan Allah. Barulah muncul generasi Muslim yang kokoh dan memiliki pemahaman Islam yang kuat. Pemahaman Islam yang kuat tersebut telah membangkitkan peradaban Islam Dunia.

“Ini adalah taraf yang luhur yang membuat Islam menjadi bagian dari budaya Indonesia. Islam menjadi bagian disini, apa arti menjadi bagian disini?. Bercampurnya konsep, keberhasilan ini dari hadramut untuk mengenalkan Islam dengan level yang luhur serta damai dengan kebudayaan Indonesia,” katanya.

Habib Ali Zainal Abidin Al-Jufri tiba Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, Jumat dinihari (29/11/2019). Selama di Tanah Air, Habib Ali dan rombongan akan melakukan safari dakwah.

Habib Ali Al-Jufri tiba di Indonesia sejak Jumat (29/11) kemarin, beliau akan melakukan safari dakwah ke beberapa temat di Indonesia sampai Sabtu 7 Desember 2019 mendatang.

Kemarin, Jumat 29 November 2019 tepat pada pukul 20.00 WIB Habib Ali telah mengisi Kajian 'Nilai-nilai Qur'ani pada Generasi Milenial' di Masjid Nabawi Pesantren Tahfizh Darul Quran, Jakarta. Kemudian, hari ini Sabtu 30 November 2019 tepat pukul 09.00 sasmpai dengan 12.00 WIB beliau menghadiri International Conference on Islam and Civilitazion di UNJ Jakarta Timur.

Kemudian, besok Ahad 1 Desember 2019 pukul 07.00 akan menghadiri  Tabligh Akbar dengan tema Meneladani Rasulullah SAW" di Pesantren Darul Halim. Setelah itu langsung ke Kota Malang untuk mengisi Tablig Akbar Majelis Ta'lim wal Maulid Ar-Ridwan  pada Senin, 2 Desember 2019 pukul 19.00 WIB.

Agenda kelima, Kamis 5 Desember 2019 pukul 12.00 WIB mengisi Kajian dengan tema Mencetak Generasi Milenial Muslim Rahmatan lil Alamin di Auditorium UNNES, Sekaran, Gunung Pati dan Pada Sabtu 7 Desember 2019 mengisi Kajian Tasaawuf di Zawiyah Arraudhah Tebet Jakarta Selatan pukul 12.00-15.00 WIB dan Majelis Khusus Pukul 18.00-20.00 WIB.

Sumber: NU Online

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar