Gus Muwafiq: Pancasila Solusi Perdamaian Dunia

Gus Muwafiq: Pancasila Solusi Perdamaian Dunia

Muslimoderat - Indonesia sebagai bangsa yang majemuk adalah anugerah dari Allah SWT yang patut disyukuri. Pasalnya, sangat sedikit  negara di dunia ini yang mampu bertahan di tengah kepungan perbedaan agama maupun ras. Sebaliknya, Indonesia yang memiliki perbedaan dilihat dari aspek ras, agama, maupun pandangan politik tidak menjadikan masyarakat Indonesia tercerai-berai, tetapi justru dengan perbedaan itulah Indonesia menjadi bangsa yang bersatu. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila terbukti menyatukan beragam perbedaan yang ada. Dengan demikian, Pancasila tidak hanya menjadi ideologi pemersatu bangsa, tetapi juga menjadi anugerah yang harus terus menerus dijaga kelestariannya.

Meskipun demikian, selalu ada di setiap masa di mana muncul kelompok yang mempermasalahkan keberadaan Pancasila, bahkan hendak menggantinya dengan ideologi agama tertentu. Menyikapi munculnya gerakan kelompok tersebut, ulama muda asal Yogyakarta, KH Ahmad Muwafiq atau yang lebih dikenal Gus Muwafiq mengatakan Indonesia tidak butuh ideologi baru karena Pancasila telah terbukti menjadi kesepakatan semua kelompok masyarakat Indonesia untuk menjalin persatuan.

Menurut Gus Muwafiq, ideologi-ideologi baru bisa mengancam dan berpotensi merobek tenun kebangsaan yang selama ini telah dirajut oleh pendiri bangsa. Lebih lanjut Gus Muwafiq menjelaskan, ideologi yang hendak mengganti Pancasila tidak cocok untuk Indonesia yang sudah aman ini. “Namun ada gerakan-gerakan bendera hitam terinspirasi dari negara Timur luar sana, yang gerakannya dijadikan alat untuk mencoba menyelesaikan problem Indonesia. Padahal kalau mau negara dunia maju dan damai pakailah ideologi negara Indonesia yaitu Pancasila,” tegas Gus Muwafiq saat mengisi pengajian di Medan beberapa waktu lalu.

Ulama muda yang terkenal dengan pemahaman sejarahnya yang begitu luas tersebut mengatakan, melalui para founding father  kita yang memiliki visi kebangsaan jauh ke depan, Indonesia adalah negara yang kuat dan hebat, tidak boleh Indonesia diklaim oleh satu agama apapun, karena Indonesia adalah negara bersama, yakni bersama-sama untuk maju, damai dan sejahtera. Gus Muwafiq juga menegaskan, selama masih hormat terhadap bendera yang sama, yaitu merah putih maka itulah Indonesia.

Menurut Gus Muwafiq, mempertahankan Indonesia sejatinya merupakan ajaran agama, seperti yang dicontohkan para ulama terdahulu mengenai pentingnya menjaga dan mencintai tanah air. “Bangsa Indonesia sebenarnya adalah bangsa yang sehat bangsa yang terhormat yang punya sikap kebersamaan yang luar biasa dari Sabang sampai Merauke bisa bersatu dengan satu bendera,” pungkas ulama berambut gondrong tersebut.

[islamramah.co]

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar