Gus Baha: Dakwah itu Ngajar Ngaji di Kampung-Kampung

Gus Baha: Dakwah itu Ngajar Ngaji di Kampung-Kampung

Tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU), KH Bahauddin Nursalim (Gus Baha) mengaku bahwa ceramah yang ia sampaikan di acara-acara bukanlah dakwah. Sebab, dakwah menurutnya adalah membangun masjid di pedalaman dan mengajar ngaji di kampung-kampung.

“Ini jelas show ini. Mungkin yang benar-benar dakwah yang sekarang sedang bikin masjid di pedalaman Kalimantan, pedalaman Sulawesi. Itu dakwah betul. Kalau ini agak tontonan,” ucapnya saat di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Jakarta Kamis (26/9) malam.

“Jadi yang namanya dakwah itu ya orang-orang di kampung gak bisa ngaji diajari ngaji seperti saya di Jogja, di Rembang,” tambahnya.

Sebelumnya, para ulama dan jamaah bersama-sama melaksanakan salat Istisqo dan Istighosah. Wakil Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU), KH. Misbahul Munir mengatakan pelaksanaan salat untuk berdoa meminta hujan kepada Allah Swt.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan segera turun hujan di Indonesia karena banyak daerah yang membutuhkan untuk segera turun hujan,” ungkapnya.

Kiai Misbah juga meminta masyarakat agar menjaga stabilitas nasional dan terus membangun silaturrahim, sehingga kegiatan keagamaan dapat berjalan dengan lancar. “Umat Islam agar tetap jaga stabilitas nasional,  jalin silaturahmi dan jaga tasawuf serta biasakan tabayun menyikapi banyaknya berita hoaks di tanah air,” tambahnya (aw/republika/detik)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar