Berkah Tawasul ke Mbah Abdul Karim, Ingat Lagi Semua Ilmu yang Telah Terlupa

Berkah Tawasul ke Mbah Abdul Karim, Ingat Lagi Semua Ilmu yang Telah Terlupa

Muslimoderat.net -- Pada tahun 1983 saya (KH Hamdani Lasmani) dipanggil Kiai Mahrus Aly. Saya didawuhi disuruh membantu Pondok Sidogiri. “Kamu saya suruh ke Sidogiri, karena kiai sana minta tenaga bantu dari sini. Ini kamu yang saya kirim kesana,” begitu ngendika-nya beliau dalam bahasa indonesianya. Waktu itu saya susah, bagaimana ini? Saat saya disana memang belum ada utusan ngajar di pondok lain seperti sekarang. Kalau Kiai Mahrus menyuruh tidak bisa ditunda. Karena kalau ditunda, bisa dibendoni kiai.

Lalu, saya pikir-pikir lagi. Saya minta waktu kepada beliau, karena saya punya tanggungan dagang. Saat itu saya dagang batik. Saya minta kiriman batik dari teman  di Pekalongan. Lalu, saya terima di pondok. Selanjutnya saya kirim ke daerah-daerah. Akhirnya, Kiai Mahrus menberi tenggang waktu seminggu untuk menyelesaikan semua tanggungan saya. Setelah seminggu, saya menghadap beliau lagi. Kata beliau saya disuruh langsung berangkat. Sebenarnya sedari dulu sudah dijemput, tetapi saya belum bisa datang. Lalu, ada yang jemput kembali lagi. Saya diantarkan sama alumni Sidogiri yang di Lirboyo.

Setelah sampai Sidogiri, saya ditemukan sama pengurus belum bertemu dengan kiainya. Sidogiri sebelumnya belum pernah saya injak sama sekali. Ditambah lagi, mukallamah yaumiyah-nya bahasa Madura dan saya tidak bisa. Kemudian, saya diserahi tugas ngajar pelajaran Dahlan Alfiyah dan Shahih Muslim. Padahal saya kesana tidak membawa kitab apa-apa. Saat mengajar Shahih Muslim saya agak kesulitan meng-isnad-kanya dan bingung. Yang mengesankan, saya lalu teringat Mbah Karim. Kemudian, kirim hadiah Fatihah kepada beliau. Ajaibnya, langsung terbuka dan ingat semua. Saya dulu memang pernah ngaji, tapi sudah lama sekali. Setelah ke Lirboyo lagi, saya menceritakan peristiwa itu kepada Kiai Anwar dan disampaikan beliau kepada Kiai Mahrus.()

Sumber: Himasal Lirboyo

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar