Warga Karawang Ini Wakafkan Tanah Demi Majukan Pendidikan NU

Warga Karawang Ini Wakafkan Tanah Demi Majukan Pendidikan NU

Keinginan kuat untuk memajukan Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah melalui pendidikan mendorong warga Karawang, H Andi mewakafkan tanahnya melaluai NU. Tanah seluas 7250 meter di Kota Karawang, itu diwakafkan kepada NU pada tiga tahun lalu, secara simbolis disampaikan kembali pada pembukaan Rapat Pleno PBNU, Jumat (20/9) di Pesantren Al-Muhajirin 2 Purwakarta, Jawa Barat.

Kepada NU Online, H Andi menceritakan asal muasal dirinya mewakafkan tanahnya. Beberapa tahun sebelumnya, ia dan beberapa warga NU mengadakan kunjungan ke Pesantren Cipasung, Tasikmalaya.

Di perjalanan, ia dan sahabatnya membicarakan kemegahan dan kemajuan Pesantren Cipasung dan kondisi pendidikan anak-anak NU di Karawang yang menurut mereka masih harus terus ditingkatkan.

“Saya prihatin belum ada sekolah NU di lingkungan saya. Lalu saya bertekad mewakafkan tanah supaya bisa didirikan sekolah NU demi pendidikan anak-anak NU,” kata pria yang pengusaha jual beli kendaraan ini.

Tindakan H Andi mewakafkan tanah di lokasi tengah kota dan lingkungan yang ramai, membuat orang-orang heran. Lagi pula, meski diwakafkan sekitar tahun lalu sempat tiada kabar kelanjutan pemanfaatan tanah wakaf tersebut. Akibatnya, beberapa pihak memberikan tawaran kepada H Andi agar menjual tanah tersebut.

“Ada yang menawar, ‘Sudahlah Pak Haji, saya beli berapa pun harganya.’ Tapi saya keukeuh ingin tanah itu diwakafkan untuk pendidikan,” kisahnya.

H Andi yang kini berusia 60 tahunan, mengaku berasal dari keluarga NU. Orang tuanya adalah warga NU sejak lama. “Saya ingin NU tetap maju,” tegasnya.

Ketua PCNU Karawang Ruhiyat mengatakan, di lokasi wakaf H Andi telah dibangun tiga lokal kelas. Pembangunan lokal kelas tersebut dilakukan pada masa kepengurusan PCNU Karawang sebelumna yang dinahkodai H Marzuki.

“Rencana tahun ajaran baru (2020-2021) akan buka MTs NU dan SMK NU plus pesantren,” kata Ruhiyat.

Segera Dibangun Masjid

Ketua PBNU KH Said Aqil Siroj saat menerima simbolisasi penyerahan wakaf tanah tersebut, mengatakan bersyukur ada warga seperti H Andi yang peduli dengan pendidikan NU sehingga mewakafkan tanahnya. Kiai Said juga menunjuk Ketua PBNU H Eman Suryaman untuk segera membangun masjid di lokasi tersebut.

“Nanti akan segera dibangun masjid oleh Ketua PBNU H Eman Suryaman,” kata Kiai Said.

H Eman menyampaikan, wakaf tanah H Andi dan permintaan Kiai Said padanya untuk membanyu pembangunan masjid, sebagai berkah dari Allah. “Semoga dibukakan pintu rezeki. Pembangunan masjid dan sekolah semoga bukan hanya di Karawang tapi juga daerah lainnya,” ujarnya.

Menurutnya wakaf dan pembangunan masjid dan sekolah adalah bagian dari hikdmat kepada NU, kepada dunia pendidikan, dan bagaimana pengembangan Islam Aswaja Annahdliyah dapat membumi di Karawang dan wilayah Indonesia lainnya.

“Kawarang saat ini menjadi sebuah kota baru yang dulu di dalamnya sebagai penghasil atau lumbung padi, sekarang juga lumbung pabrik. Penduduknya ada orang Karawang dan orang dari luar Karawang,” tuturnya.

Ia berharap, dengan adanya masjid dan sekolah NU yang dibangun masyarakt nantinya dapat meramaikan dan memanfaatkannya untuk pengembangan keilmuan.[NU Online]

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar