Temui Pendeta Se-Papua, Kiai Ma'ruf Amin Ajak Tokoh Lintas Agama Jaga Perdamaian

Temui Pendeta Se-Papua, Kiai Ma'ruf Amin Ajak Tokoh Lintas Agama Jaga Perdamaian

Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin menemui tokoh agama dan pendeta dari Papua-Papua Barat. Ma'ruf Amin mengatakan para pendeta Papua-Papua Barat menginginkan para tokoh-tokoh agama mengambil peran dalam menjaga keutuhan Papua.

"Bapak pendeta tadi menyampaikan keprihatinannya terutama peristiwa yang dialami di Papua beliau menginginkan agar peran tokoh-tokoh agama, para agamawan itu mengambil peran dalam rangka menjaga keutuhan kembali di Papua dan seluruh rakyat Indonesia," kata Kiai Ma'ruf Amin usai bertemu dengan tokoh agama dan pendeta Papua-Papua Barat di kediamannya, Jl Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2019).

Kiai Ma'ruf mengatakan bangsa Indonesia merupakan satu kesatuan dan tidak boleh ada diskriminasi antar sesama warga negara. Karena itu, ia mengajak para tokoh lintas agama bersatu menjaga kesatuan negara Indonesia.

"Karena itu ini adalah keprihatinan kaum agamawan yaitu mengajak kita saya bersama seluruh pemuka pemuka Islam, bersama dengan kristen dan juga pemuka agama lain, memelihara dan menjaga ini dan melakukan upaya-upaya pendekatan yang lebih apa yang lebih soft, lebih pendekatan yang bersifat budaya dengan masyarakat masyarakat di Papua," ucapnya.

Kiai Maruf Amin mengatakan masyarakat Papua sangat terkenang dengan cara Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur saat menyelesaikan permasalahan di Papua. Menurutnya, dengan cara yang dilakukan Gus Dur itu masyarakat Papua merasa dihormati.

"Dan mereka sangat terkenal dengan Bagaimana Gus Dur dulu juga melakukan upaya-upaya sehingga orang Papua merasa diperlakukan sangat terhormat oleh Gus Dur. Karena itu beliau masih tetap mengenal dimana Gus Dur itu berkomunikasi dengan pendeta dan masyarakat Papua," tuturnya.

Sementara itu, pendeta dari Papua Richard, berharap semoga tidak ada lagi provokasi yang memicu kerusuhan di tanah Papua. Richard meminta meminta Ma'ruf Amin selaku tokoh agama bisa menyuarakan agar para tokoh lintas agama bersatu dan mengambil peran untuk mewujudkan Papua yang damai.

"Kami berharap sebagai pemimpim umat beliau dapat menyuarakan kepada MUI dan NU di seluruh tanah air, khususnya di tanah Papua dan Papua Barat agar bersatu dengan pemimpin-pemimpin umat di tanah Papua dan Papua Barat untuk mewujudkan Papua dan Papua Barat tanah yang damai. Ini harapan kami ada di sini," kata Pendeta Richard.

Sumber : Detikcom

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar

close
Ardha Kids