Habib Luthfi: Budayakan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Habib Luthfi: Budayakan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Dalam setiap ceramah-ceramahnya, Habib Luthfi bin Yahya senantiasa memupuk rasa nasionalisme bagi umat. Hal itu tampak ketika Habib Luthfi kerapkali mengajak masyarakat untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, bukan hanya di acara resmi kenegaraan saja, melainkan juga pada setiap acara-acara sosial dan kemasyarakatan.

Menurut Habib Luthfi, lagu kebangsaan tersebut jangan sampai disepelakan karena di tengah-tengah arus terkikisnya mutakhir, nasionalisme lagu kebangsaan tersebut menghentak hati seluruh masyarakat Indonesia untuk memiliki sifat handarbeni (memiliki), karena bagaimanapun Indonesia adalah rumah bersama, dan setiap masyarakat memiliki tanggung jawab bersama untuk memajukan negaranya dengan cara masing-masing.

“Sikap cinta tanah air juga harus dibangun di seluruh lini dan elemen masyarakat. Pembacaan Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya harus benar-benar dibudayakan. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Pancasila jangan hanya pada kegiatan atau upacara resmi saja,” jelasnya dalam salah satu ceramahnya.

Habib Luthfi meminta masyarakat untuk sebisa mungkin menyanyikan lagu kebangsaan setiap adanya acara. “Sebisa mungkin dalam agenda apapun baik agenda sosial maupun agenda kemasyarakatan, harus dibudayakan untuk menyanyikan lagu kebangsaan. Pentingnya lagu kebangsaan dan pancasila ini tidak boleh disepelekan. Sekali saja kita menyepelekan lagu kebangsaan dan pancasila, akan muncul rasa tidak handarbeni, dan akan menjadi penyebab merosotnya nasionalisme bangsa dan kecintaan generasi muda pada tanah airnya,” ungkap pimpinan majelis shalawat Kanzus Shalawat tersebut.

Habib Luthfi menambahkan, bahwa dasar dari mencintai tanah air adalah seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadisnya. Hal ini menegaskan bahwa cinta tanah air tidak bertentangan dengan ajaran Islam. “Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Aku cinta Arab karena aku adalah bangsa Arab.” Ungkapan kecintaan Nabi pada bangsanya adalah bukti bahwa cinta pada tanah air adalah berdasar dan mempunyai dalil (hadits), pungkas tokoh yang belum lama ini didaulat sebagai Forum Sufi Internasional itu.[islamramah.co]

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar