Bersepeda, Kader Ansor Ini Jelajahi 14 Negara di Afrika Bawa Misi Islam Damai dan Toleran

Bersepeda, Kader Ansor Ini Jelajahi 14 Negara di Afrika Bawa Misi Islam Damai dan Toleran

Kader Gerakan Pemuda Ansor, Hakam Mabruri yang menjelajahi  Afrika dengan bersepeda tiba di Sragen, Jawa Tengah.

Hakam mulai mengayuh sepedanya dari Malang sejak Selasa (10/9/2019) lalu. Pria berusia 37 tahun ini tiba di Sragen, dan langsung mendapat sambutan hangat dari GP Ansor Sragen.

Berdasarkan penuturannya, dia sudah memetakan akan melintasi 14 negara terutama di sisi timur Benua Afrika. ”Berangkat dari Malang, gowes ke Jakarta, lantas terbang ke Mesir. Dan melanjutkan bersepeda sampai Afrika Selatan,” ujarnya.

Hakam menyampaikan, perjalanan dari Cairo di Mesir sampai Cape Town di Afrika Selatan bakal ditempuh selama setahun. Dia memulai ketika memasuki Hari Santri 22 Oktober di Mesir.

Aksi gowes lintas benua ini bukan pertama kali dilakukannya. Pada 2017 lalu Hakam melakukan aksi serupa dengan tujuan dari Kairo Mesir menuju Makkah, Saudi Arabia. ”Semua sudah saya pelajari, mulai rute penyakit dan sebagainya. Bekal dari para Kyai dan sahabat Ansor. Selain uang dan peralatan,” jelasnya.

Sementara Ketua GP Ansor Sragen, Endro Supriyadi menyampaikan gerakan ini untuk misi kampanye menyuarakan Islam yang damai untuk semua umat manusia. ”Jadi gerakan ini menunjukkan bahwa Islam yang ramah. Menepis banyak persepsi orang yang salah,” jelasnya. (*timesindonesia)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar