NU Siap Kerja Sama dengan Mahasiswa Papua di Jateng

NU Siap Kerja Sama dengan Mahasiswa Papua di Jateng

Warga Nahdlatul Ulama Jawa Tengah siap meningkatkan jalinan kerja sama dengan warga masyarakat Papua, termasuk dengan para mahasiswa dan pelajar yang sedang menjalani studi di berbagai lembaga pendidikan di Jawa Tengah.

"Warga NU Jateng pada prinsipnya siap menjalin kerja sama dengan masyarakat Papua yang ada di Jawa Tengah, baik yang sedang belajar, kuliah, atau yang sedang bekerja mencari nafkah," ujar Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng, H Hudallah Ridwan Naim.

Dikatakan, intinya NU Jateng siap bergerak bersama dengan suluruh komponen bangsa bergandengan tangan membangun Indonesia tanpa membedakan asal usulnya.

“Kesediaan membina dan melindungi warga Papua yang sedang beraktivitas di Jateng bagi NU adalah merupakan bagian dari panggilan tugas bangsa sekaligus aktualisasi nilai-nilai ukhuwah,” ujar Gus Huda panggilan akrab Hudallah Ridwan Naim, di Semarang, Ahad (25/8).

Menurutnya, NU Jateng siap merespons harapan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Papua Pdt Lipiyus Biniluk yang berharap agar NU dan Ansor bisa membina dan melindungi para pemuda dan mahasiswa Papua yang ada di Pulau Jawa dalam konferensi pers bersama Tokoh Lintas Agama Papua, di Jayapura, Papua beberapa waktu lalu.

Apapun langkah kegiatan yang akan diambil dalam memenuhi harapan itu, lanjutnya, PWNU Jateng akan menggunakan istilah kerja sama untuk membangun persatuan bangsa, tentang pembinaan dan perlindungan itu masuk dalam satu kemasan program kerja sama yang perlu diformat lebih matang.

"Bagi NU Jateng kerja sama dengan masyarakat Papua bukan hal baru, karena selama ini sudah dilakukan, terutama dengan sesama nahdliyin," tukasnya.

Dia menambahkan, biasanya saat liburan sekolah atau kuliah, nahdliyin yang tinggal di Papua mengagendakan ziarah ke makam ulama di Jateng, bersamaan dengan itu mereka bersilaturahmi dengan para ulama, pimpinan NU, dan mengikuti berbagai kegiatan organisasi yang diselenggarakan di berbagai daerah di Jateng.

Terkait dengan harapan Ketua FKUB Papua, tutur Gus Huda, format kegiatannya bisa diperluas dengan melibatkan masyarakat Papua yang sedang beraktivitas di Jateng dan Pemda Jateng maupun Papua.

Sedangkan format kegiatan bisa disiapkan dan dibicarakan bersama-sama, yang penting ketemu dulu. Dalam merealisasikan kegiatan ini nantinya NU Jateng akan melibatkan perangkat organisasi yang ada mulai badan otonom hingga lembaga-lembaga yang ada.[NU Online]

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar

close
Ardha Kids