PCNU Banyuwangi Bantu Korban Gempa Nusa Dua Bali di Banyuwangi

PCNU Banyuwangi Bantu Korban Gempa Nusa Dua Bali di Banyuwangi

Pengurus Cabang Nahdaltul Ulama Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bergerak cepat membantu korban gempa bumi 6,0 Skala Rihter di wilayahnya. Dengan didampingi Lembaga Amil Zakat  Infak dan Shotaqoh ( Lazisnu),  LPBINU, dan sejumlah pengurus harian NU Banyuwangi, Ketua PC NU Banyuwangi KH Ali Maki Zaini turun langsung membagikan bantuan sembako ke korban gempa.

Ada dua lokasi yang menjadi penyerahan secara simbolis bantuan PC NU terhadap korban gempa tersebut. Lokasi pertama yaitu di rumah Painem (50)  warga Desa Wonosobo, Kecamatan Srono. Sedangkan  yang ke dua berada di Desa Kaliploso, Kecamatan Cluring.

Kedua rumah warga ini rusak parah akibat diguncang gempa bumi berkekuatan 6,0 SR tersebut. Bangunan rumahnya ambruk dan tidak bisa ditempati lagi. Bahkan korban Painem sempat dilarikan ke Puskesmas Wonosobo akibat terkena reruntuhan rumahnya.

Ketua Tanfiziah PC NU Banyuwangi KH Ali Maki Zaini mengatakan, bantuan yang di salurkan ini sifatnya isidentile yaitu berupa   sembako atau kebutuhan sehari-hari. Karena hal ini sangat penting dan menjadi kebutuhan wajib.

“Smoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk korban gempa bumi di Banyuwangi. Karena sembako ini kebutuhan yang wajib dipenuhi bagi masyarakat yang terkena musiba bencana alam seperti gempa saat ini,” Kata pria yang akrab di sapa Gus Maki.

Kata dia, selain bantuan sembako PCNU melalui lembaga dan banom juga akan menyalurkan bantuan sesuai dengan  bidangnya masing-masing.

“Seperti lembaga kesehatan NU nanti akan kita terjunkan untuk membantu memeriksa kesehatan korban gempa bumi. Sehingga kesehatan korban gempa tetap terjamin,” tegasnya.

Sedangkan untuk Lazisnu dan lembaga lainya diminta untuk membantu memperbaiki rumah warga korban gempa.

” Lembaga lainya saya minta juga ikut bergerak untuk  membantu korban gempa sesuai bidangnya masing-masing,” kata Gus Maki.

Kiai Ali Maki Zaini juga mengintruksikan kepada seluruh pengurus NU mulai dari tingkat MWC hingga tingkat Ranting untuk ikut membantu korban gempa di daerahnya masing-masing. Sehingga NU selalu ada ditengah masyarakat.

Seperti diketahui, Gempa bumi berkekuatan 6,0 SR menguncang wilayah Nusa Dua Bali pada Selasa pagi ke marin. Pusat gempa berada di 68 kilometer Barat Daya Nusa Dua. Getaran gempa terasa di seluruh wilayah Kabupaten Banyuwangi dan sekitarnya.(Her/NU Banyuwangi)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar

close
Ardha Kids