Masa Depan Indonesia di Pundak Santri

Masa Depan Indonesia di Pundak Santri

Santri sebagai generasi muda Indonesia akan menentukan masa depan bangsa karena tonggak kepemimpinan di masa mendatang pasti berada di pundak pemuda saat ini. Santri memiliki keistimewaan sendiri dibanding generasi muda lain, yang tidak pernah mengenyam pendidikan di pondok pesantren. Selain memiliki modal pengetahuan agama, santri juga dibekali pendidikan moral dan akhlakul karimah ketika di pesantren. Santri diharapkan menjaga eksistensi NKRI sekaligus menebarkan Islam yang ramah dan moderat di seantero dunia.

Menurut Direktur Wahid Foundation, Zannuba Arifah Chafsoh Rahman Wahid alias Yenny Wahid, santri adalah representasi masa depan Indonesia. “Saya ingin menitipkan pesan penting buat adik sekalian. Saya melihat bahwa para santri yang hadir di sini merepresentasikan masa depan. Di tangan kalian, dunia akan nyaman ditinggali atau justru menjadi tempat konflik yang makin mengerikan. Jadi, peran adik-adikku ini sangat luar biasa,” ujarnya di acara Workshop Komunitas Pesantren bertema Mentradisikan Toleransi dan Keindonesiaan dari Pesantren yang digelar di Bogor, Rabu (17/7).

Putri KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tersebut meminta santri agar mengikuti perkembangan zaman. Misalnya dakwah di media sosial menjadi penting karena medsos tidak hanya menjadi gaya hidup setiap orang, tetapi telah menjelma menjadi bagian dari kebutuhan setiap orang. Dia meyakini, masa depan bangsa berada di tangan santri karena santri senantiasa menebarkan kebaikan dan keindahan agama, bukan konflik apalagi perpecahan.

“Tapi bagi kalian mungkin jauh lebih mudah untuk mengelolanya. Soal medsos misalnya, buat kami para orang tua ini sangat struggle (perjuangan) untuk memahaminya. Karena sudah biasa tiap harinya memakai gadget, smartphone, untuk melancarkan kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Sumber: islamramah.co

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar

close
Ardha Kids