Lagi dan lagi, Warga Negara Ukraina Masuk Islam di PBNU

Lagi dan lagi, Warga Negara Ukraina Masuk Islam di PBNU

Seorang warga negara Ukraina, Ivan Mykhailov resmi memeluk agama Islam melalui Nahdlatul Ulama. Ia dibimbing membacakan dua kalimat syahadat oleh Sekretaris Jenderal PBNU H Helmy Faishal Zaini di ruangannya, Gedung PBNU, Jakarta, Kamis (4/7). Setelah membacakan kalimat tersebut dalam bahasa Arab, Ivan dengan bimbingan Helmy membacakannya dalam bahasa Inggris.

Proses Ivan menjadi mualaf disaksikan Ketua PBNU Bidang Dakwah dan Masjid KH Abdul Manan A. Ghani dan Wakil Sekretaris Jenderal PBNU Ishfah Abidal Azis. Setelah prosesi tersebut, Kiai Manan mendoakan Ivan.

Menurut Helmy, PBNU semakin sering menjadi tempat orang-orang bersyahadat, berikrar memeluk Islam. Hal ini, tiada lain adalah keberhasilan dakwah yang dijalankan NU.

Setelah resmi memeluk Islam, nama depan Ivan kemudian dibubuhi Ahmad. Ia kini menjadi Ahmad Ivan Mykhailov.

“Masuk Islamnya Ivan, ini menunjukkan dakwah yang selama ini dilakukan NU sangat berhasil,” kata Helmy kepada NU Online di ruangannya. 

Dakwah yang dilakukan NU yang sejuk dan ramah, lanjutnya, tidak hanya membuat orang Indonesia tertarik, tapi juga warga negara asing. 

Lebih lanjut ia mengatakan, selama ini terjadi politik identitas yang melahirkan pandangan atas nama agama yang problem. Mereka tidak menampilkan Islam yang sejuk, tapi garang.

“Dalam situasi seperti itu, NU dengan pandangan Islam yang moderat menjadi semacam angin segar. Itu yang membuat masyarakat tertarik, ‘oh ini lho Islam yang dirindukan’. Dakwah NU jadi solusi memberikan ketenangan batinnya,” jelasnya.

Ia menjelaskan, Ivan telah tinggal di Indonesia selama setahun. Kemudian dari lingkungan, ia mengetahui NU dan pandangan keislamannya. Kemudian ia mencari tahu sendiri dunia maya.

Setelah memiliki pengetahuan tentang itu, punya ketertarikan Islam yang tinggi terhadap Islam dan datang ke sini (PBNU). (Abdullah Alawi/NU Online)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar

close
Ardha Kids