Digembleng Jadi Banser, 114 Pemuda Kota Sukabumi Siap Perkuat Aswaja dan NKRI

Digembleng Jadi Banser, 114 Pemuda Kota Sukabumi Siap Perkuat Aswaja dan NKRI

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Sukabumi mengadakan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) bertema Membangun Spirit Nasionalisme, Memperteguh Islam Ahlussunah Waljamaah Anahdliyah Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, di Pondok Pesantren Al-Muslim Mandiri Kibtai, Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembur Situ,  Cikundul.

Kegiatan itu diikuti 114 peserta, terdiri dari 70 orang warga Kota Sukabumi, sisanya rekomendasi dari Kabupaten Sukabumi dan Bogor. Di antara seluruh peserta itu, 9 orang adalah perempuan.

Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Sukabumi masa khidmah 2019–2024, Sudar Fauzi menyampaikan, para pemuda tersebut digembleng menjadi Banser selama beberapa hari dengan berbagai materi, di antaranya adalah paham Ahlussuna wal Jamaah.

“Setelah pulang kegiatan ini, mereka akan semakin kuat paham keaswajaannya,” katanya kepada NU setelah kegiatan itu usai.

Selain itu, kata mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kota Sukabumi ini, para pemuda itu diperkuat paham nasionalismenya agar kecintaannya kepada tanah air semakin mengakar.

“Bagi Banser, cinta agama dan negara menjadi satu kesatuan dalam satu tarikan napas,” katanya.

Lebih lanjut Sudar mengatakan, Diklatsar ini juga merupakan ikhtiar menangkal radiklaisme dan intolerasi yang akhi- akhir ini terjadi menjadi perbincangan di tengah-tengah masyarakat, terutama di Kota Sukabumi.

Sudar Fauzi berharap, peserta Diklatsar ketika kembali ke daerahnya masing-masing, bisa terus menjaga silaturahim dengan PC, MWC dan Ranting Nahdlatul Ulama, mengawal kiainya, dan tetap satu komando dalam rangka menjaga Ahlussunah wal Jamaah dan keutuhan NKRI.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua PCNU Kota Sukabumi KH Ahmad Nawari Sadili, Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat Deni Ahmad Haidar, pemerintah daerah yang diwakili Kepala Kesbangpol Kota Sukabumi Agus Wawan Gunawan , Danramil Baros mewakili Dandim 0607 Kota Sukabumi Infantri Siregar.

NUOnline

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar