Alhamdulillah! Inilah Daftar Media yang Khusus Klarifikasi Hoax

Alhamdulillah! Inilah Daftar Media yang Khusus Klarifikasi Hoax

Kabar bohong dan berita palsu adalah salah satu sumber permasalahan bagi umat manusia di belahan bumi manapun. Dan menjadi kejahatan serius yang menimbulkan banyak kehancuran.

Oleh karena itu, menghindari dan mewaspadai adanya kabar bohong dan berita palsu merupakan sebuah keharusan agar terciptanya kedamaian dan perdamaian.

Allah SWT telah memerintahkan kita untuk melakukan tabayyun (klarifikasi) atas informasi yang datang pada kita. Apalagi jika informasi tersebut dianggap meresahkan.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, apabila datang kepada kalian seorang fasiq dengan membawa suatu informasi maka periksalah dengan teliti agar kalian tidak menimpakan musibah kepada suatu kaum karena suatu kebodohan, sehingga kalian menyesali perbuatan yang telah kalian lakukan” (QS. Al-Hujurat: 6)

Di Indonesia, kabar bohong dan berita palsu (dikenal juga dengan hoax) sudah sangat sering beredar. Beberapa kasus yang terjadi, bahkan menimbulkan permasalahan yang serius dan mengganggu stabilitas negara.

Untuk itu, masyarakat Indonesia dituntut untuk bisa selektif dalam menerima setiap informasi yang beredar. Gunakan sumber atau media terpercaya dalam mengambil rujukan.

Apabila menemukan informasi yang meresahkan, ada baiknya melakukan tabayun (cek dan ricek).

Saat ini, sudah ada beberapa media yang fokus dan khusus klarifikasi dan pencarian fakta atas isu-isu yang viral. Media-media ini bisa diikuti atau difollow melalui situs, atau media sosial yang banyak digunakan masyarakat indonesia seperti facebook dan instagram.

​[] FANSPAGE FACEBOOK

Indonesian Hoaxs (https://www.facebook.com/TurnBackHoax/)
Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (https://www.facebook.com/MafindoID/)
Jabar Saber Hoaks (https://www.facebook.com/official.jabarsaberhoaks/)
[] GRUP FACEBOOK

Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (https://www.facebook.com/groups/fafhh/)
Penyeimbang Media Hoax (https://www.facebook.com/groups/142467989797691/)
[] INSTAGRAM

turnbackhoaxid (https://instagram.com/turnbackhoaxid)
jabarsaberhoaks (https://instagram.com/jabarsaberhoaks)
West Java Hoax Crisis Center https://instagram.com/hccjawabarat)
[] SITUS/ WEBSITE

https://turnbackhoax.id
https://stophoax.id
Daftar media tersebut merupakan media yang aktif dan masif melakukan penelusuran kebenaran atas informasi-informasi yang viral di masyarakat. Semoga jumlah medianya dapat bertambah.

(santripedia.com)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar