Memakai Pakaian Baru saat Idul Fitri, Jangan Lupa Baca Doa Ini!

Memakai Pakaian Baru saat Idul Fitri, Jangan Lupa Baca Doa Ini!

Idul Fitri merupakan salah satu hari raya besar umat Islam. Pada hari itu, umat muslim dianjurkan menggunakan pakaian terbaiknya. Pakaian terbaik bukan berarti harus baru, namun apabila seseorang diberikan kelapangan untuk membeli pakaian baru, maka hendaklah ia mengenakannya.

Sebagai ungkapan syukur kepada Allah, ketika mengenakan pakaian baru hendaknya membaca doa:

الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي كَسَانِي هَذَا مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ

‘Alhamdulillahil ladzii kasaanii hadza ats tsauba wa razaqaniihi min hhairi haulin minni wa laa quwwatin.

“Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rizki, tanpa daya dan kekuatan dariku.”

Doa ini sebagaimana yang dianjurkan Rasulullah SAW dalam sabdanya:

من أكل طعاما ثم قال: الحمد لله الذي أطعمني هذا الطعام، ورزقنيه من غير حول مني ولا قوة، غفر له ما تقدم من ذنبه وما تأخر، قال: ومن لبس ثوبا فقال: الحمد لله الذي كساني هذا الثوب ورزقنيه من غير حول مني، ولا قوة غفر له ما تقدم من ذنبه وما تأخر

“Barangsiapa memakan makanan kemudian membaca doa; Alhamdulillahil Ladzii Ath’amanii Hadza ath Tha’aama wa Razaqaniihi min Ghairi Haulin Minni wa Laa Quwwatin (Segala puji bagi Allah yang telah memberikan makanan ini kepadaku sebagai rizki, tanpa daya dan kekuatan dariku), maka akan diampuni dosanya yang lalu dan yang akan datang. Dan barangsiapa memakai baju lalu membaca doa; ‘Alhamdulillahil ladzii kasaanii hadza ats tsauba wa razaqaniihi min hhairi haulin minni wa laa quwwatin (Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rizki, tanpa daya dan kekuatan dariku) maka akan diampuni dosanya yang lalu dan yang akan datang. (HR. Abu Daud)

Wallahu a’lam.

Sumber: Fera Rahmatun Nazilah via islami.co

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar

close
Ardha Kids