Mahfud MD: Perlu Halal bi Halal Nasional untuk Rekonsiliasi

Mahfud MD: Perlu Halal bi Halal Nasional untuk Rekonsiliasi

Banyak kalangan berharap agar ketegangan politik yang selama ini terjadi, segera berakhir. Salah satunya  adalah Ketua Suluh Kebangsaan, Mahfud MD. Menurutnya, Idul Fitri kali ini bisa dijadikan momentum untuk melakukan rekonsiliasi nasional  guna mengakhiri ‘krisis’ politik yang cukup mengkhawatirkan tersebut.

“Mumpung sekarang ini lebaran, marilah kita jadikan momentum untuk melakukan rekonsiliasi. Percayalah tidak ada yang untung dengan kondisi ini. yang rugi ya, rakyat,” tukasnya saat talk show di stasiun televisi nasional, Selasa (5/6) malam.

Mahfud mendorong agar NU, Muhammadiyah dan ormas lain yang beberapa waktu lalu  berkumpul di rumah Jusuf Kalla menginisiasi acara tersebut. Dikatakannya, peran Jusuf Kalla tentu sangat penting dalam proses rekonsiliasi ini. Sebab, posisi Jusuf Kalla dipandang netral sehingga bisa menjadi jembatan kedua belah pihak.

“Jadi yang mengundang (Prabowo) itu adalah Pak JK (Jusuf Kalla), bukan ormas. Yang penting, tugas kita adalah meyakinkan Jokowi dan Prabowo bahwa bertemunya keduanya sangat ditunggu-tunggu oleh bangsa Indoensia untuk menyejukkan rakyat,” urainya.

Mahfud juga berharap  agar para khotib shalat Idul Fitri bisa menyampaikan pesan-pesan perdamaian, persahabatan,  persatuan dan sebagainya. Demikian juga acara-acara yang biasa digelar setelah lebaran, hendaknya menyumbang kesejukan, bukan memproduksi isu yang justru kian memanaskan suhu politik.

Ia menambahkan, dirinya percaya kepada hasil survei yang menyebutkan bahwa 90 persen lebih rakyat Indonesia sudah menganggap Pemilu selesai, dan mereka menerima apapun hasilnya, dan siapapun pemenangnya.

“Tinggal yang sedikit (10 persen) ini supaya diberi pengertiaan yang lebih demi berakhirnya masalah ini,” ungkapnya. (Aryudi AR/NU Online)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar