Anies-Ridwan Kamil Diprediksi Bersaing di Pilpres 2024

Anies-Ridwan Kamil Diprediksi Bersaing di Pilpres 2024

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno memprediksi Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menjadi saingan terkuat jika mencalonkan diri menjadi presiden pada tahun 2024. Persaingan keduanya diramal akan mirip seperti Jokowi dan Prabowo saat ini.

Menurut Adi, kemiripan tersebut terlihat dari pendukung keduanya. Laiknya sebuah warisan, pendukung Jokowi dan Prabowo berbanding lurus dengan pendukung Anies dan Emil.

"Ridwan kamil sangat beririsan dengan pemilih Jokowi. Bisa dipastikan yang milih Jokowi pasti milih Kang Emil. Begitupun pemilih Anies otomatically memilih Prabowo itu fakta tak terbantahkan," kata Adi kepada Medcom.id, Senin, 10 Juni 2019.

Menurut Adi, jika memang nantinya Anies dan Emil maju sebagai calon presiden pada tahun 2024 akan membuat suasana pilpres 2019 terulang.

"Andai Allah mentakdirkan yang maju pilpres 2024 Kang Emil VS Anies maka akan terjadi tanding ulang dua kubu besar yang saat ini sedang berkompetisi," ujar Adi.

Selain kemiripan pendukung, kedua gubernur ini juga memiliki pemikiran yang sama dengan Jokowi dan Prabowo. Emil, kata Adi, memiliki sikap politik yang sama dengan Jokowi, sementara Anies mempunyai sikap politik yang sama dengan Prabowo.

"Sejauh ini sosok Emil sudah on the right track. Pandangan politiknya inklusif, merakyat, mulai membenahi Jawa Barat, tinggal menjaga konsistensinya," tutur Adi.

Kendati demikian, kata Adi, Anies dan Emil masih punya banyak tugas untuk bisa mencalonkan diri pada 2024. Meski mempunyai kemiripan dengan capres tahun ini, untuk mencapai tahun 2024 masih sangat jauh dan sangat memungkinkan memunculkan nama-nama baru.

Selain itu, jalan untuk mencapai Pemilu 2024 juga harus panjang. Setidaknya, kata Adi, seorang kandidat harus memiliki minimal 20 persen persetujuan dari partai koalisi yang terbentuk nanti.

"Tergantung konfigurasi pilpres. Pertama dari elektabilitas kandidat dan dukungan partai. ini faktor yg paling menentukan apakah sosok seperti Emil dan Anies bisa maju," tandas dia.

Sumber: medcom.id

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar

close
Ardha Kids