TKN Terima 14.843 Laporan Dugaan Kecurangan yang Untungkan Kubu Prabowo

TKN Terima 14.843 Laporan Dugaan Kecurangan yang Untungkan Kubu Prabowo

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo - Ma'ruf Amin menemukan laporan dugaan kecurangan yang menguntungkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Laporan terkait pelaksanaan pencoblosan pada Pemilu 2019 tersebut mencapai belasan ribu.

Direktorat Hukum dan Advokasi TKN Ade Irfan Pulungan mengatakan, laporan tersebut berasal dari hampir semua daerah. Laporan tersebut disampaikan langsung masyarakat ke pihak TKN.

"Ada 14.843 laporan yang masuk melalui posko pengaduan nasional. Mulai dari Aceh sampai Papua. Hampir di setiap pulau menyampaikan pengaduan ke kami," katanya di Media Center Jokowi-Ma'ruf, Jakarta, Rabu (1/5/2019).

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menyebutkan, beberapa jenis pelanggaran atau kecurangan itu seperti intimidasi, politik uang, dan surat suara tercoblos.

"Intimidasi baik saat pencoblosan di beberapa TPS yang ini dilakukan oleh simpatisan pendukung 02. Kedua, politik uang, kami dapatkan laporannya ini dilakukan oleh partai pendukung yang berafiliasi dengan 02," tutur Irfan.

TKN, dia menambahkan, mendapatkan laporan di beberapa TPS terdapat surat suara yang telah tercoblos pasangan 02 Prabowo-Sandi. Selain itu, TKN juga mendapat laporan adanya salah input data C1 yang merugikan pasangan calon Jokowi-Ma'ruf.

"Salah input data C1, 02 menggembor-gemborkan banyak salah input data yang merugikan mereka, ternyata kami menerima pengaduan salah input data yang menguntungkan 02. Artinya ada suara dari Pak Jokowi bisa dikurangi, suara 02 ditambah," ujar Irfan.

Sumber: inews.id

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar

close
Ardha Kids