Menang Telak di Solo, Jokowi Kantongi 82,23% Suara

Menang Telak di Solo, Jokowi Kantongi 82,23% Suara

Rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kota Solo telah selesai. Hasilnya, pasangan 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang telak atas pasangan 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dalam rapat pleno di The Sunan Hotel, Solo, Minggu (5/5/2019) itu, Jokowi dipastikan mendapatkan 82,23 persen suara. Sedangkan Prabowo memperoleh 17,77 persen.

Ketua KPU Surakarta, Nurul Sutarti, mengatakan partisipasi pemilih dalam pemilu kali ini mencapai 85 persen. Yaitu terdapat 372.055 pemilih yang hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 301.995 orang memilih pasangan Jokowi-Ma'ruf. Sedangkan 65.271 orang memilih Prabowo-Sandi. Sisanya merupakan suara tidak sah.

"Secara umum seluruhnya berjalan lancar. Tidak ada banyak protes, baik dari saksi capres-cawapres, partai politik maupun saksi anggota DPD," kata Nurul di sela-sela rapat pleno.

Karena lancarnya proses rekapitulasi, rapat pleno yang diagendakan berlangsung tiga hari hingga besok (6/5), dapat berakhir hari ini.

"Besok hasilnya akan langsung kita bawa ke Semarang, ke KPU Provinsi Jawa Tengah," ujarnya.

Dalam rapat pleno kali ini, ada dua partai politik yang tidak mewakilkan anggotanya, yakni Partai Garuda dan PKPI. Keduanya memang sudah dikategorikan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh KPU Surakarta saat pendaftaran sebagai peserta pemilu.

Sumber: detik.com

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar

close
Ardha Kids