Andre Taulany Menyampaikan Permintaan Maaf di PBNU

Andre Taulany Menyampaikan Permintaan Maaf di PBNU

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menerima kunjungan Komedian Andre Taulany di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Rabu (8/5). Kunjungan Andre dalam rangka bersilaturahmi.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj didampingi Ketua PBNU H Eman Suryaman, Sekjen H Helmy Faishal Zaini, dan Bendahara Umum PBNU H Ing Bina Suhendra menerima secara langsung kedatangan Andre.

Pada kesempatan tersebut, Andre menyamoaikan permintaan maafnya atas candaan yang dilakukan olehnya beberapa waktu lalu di stasiun televisi tentang Nabi Muhammad.

"Jadi saya datang ke sini sekaligus juga untuk meminta maaf dan bersilaturahmi," kata Andre.

Sementara Kiai Said tidak mempersoalkan tentang candaan Andre karena merupakan kekhilafan, sehingga menurutnya, kalau pun Andre mau meminta maaf, sebaiknya langsung kepada Allah.

"Ini mungkin bagian dari cara Allah untuk (Andre) semakin taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah. Perbanyak shalawat. Setiap manusia bisa saja khilaf," kata Kiai Said.

Kiai Said pun mengajak umat Islam khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar tidak memperpanjang persoalan ini karena Andre sudah menyatakan permohonan maafnya. Sementara kepada pihak-pihak yang menggugat Andre secara hukum agar sebaiknya mencabut kembali laporannya.

"Kalau ada yang mengajukan gugatan hukum kita harap cabutlah gugatannya. Tabayun kepada orangnya, apakah ada niat secara sengaja kepada Kanjeng Nabi? Kan beliau (Andre Taulany) gak sengaja dan khilaf," ucapnya.

Untuk itu, sambungnya, di bulan suci Ramadhan ini sudah sebaiknya saling memafkan dan kembali menerima Andre sebagai bagian penting dari anak bangsa.

"Mari kita menerima Mas Andre sebagai anak-anak bangsa yang mempunyai karya dan kiprah. Masalah ini oleh kami semua keluarga besar NU dianggap selesai," ucapnya.

Pada pertemuan tersebut, Kiai Said menyampaikan nasihat-nasihat agama kepada Andre. Hal itu membuat Andre tampak senang mendengarkannya. "Saya mendapatkan ilmu, mendapatkan, masukan yang luar buasa bermanfaat. Saya dikasih tasbih ini, alhamdulillah seneng banget," ucap Andre.

Sebelum Andre pamitan, Kiai Said memberikan tasbih. Andre dipesankan agar rajin membaca shalawat dan Al-Qur'an Surat At-Taubah ayat 128. (Husni Sahal/Kendi Setiawan/NU Online)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar

close
Ardha Kids