Ada Wisudawan Asal Mesir di Wisuda Unisnu Jepara

Ada Wisudawan Asal Mesir di Wisuda Unisnu Jepara

Ada yang spesial pada wisuda sarjana Ke-12 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara, Jawa Tengah Selasa (30/4) di Gedung Wanita RA Kartini Jepara itu. Pasalnya, kali pertama Unisnu Jepara mewisuda mahasiswa asing Mohamed Atef Ezzat Amin, asal Giza, Mesir.

Wisudawan kelahiran Giza, 4 April 1979 itu masuk pada tahun 2015 silam. Ia menempuh studi pada program magister Prodi Manajemen Pendidikan Islam dan menulis tesis berjudul Manajemen Pengembangan Bakat Pada MTs Yambuul Qur'an Menawan Kudus dan berhasil lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.

Rektor Unisnu Jepara memberikan apresiasi khusus kepada Atef saat menyampaikan sambutan. Ia menyatakan bahwa keberadaan mahasiswa asing di Unisnu Jepara telah menjadi inspirasi tersendiri dan niscaya menjadi motivasi bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Jepara untuk melanjutkan studi di hingga perguruan tinggi.

“Jika mahasiswa asing yang datang dari jauh saja percaya untuk menempuh studi di Unisnu Jepara, maka masyarakat Jepara sebagai orang terdekat tidak perlu jauh-jauh untuk kuliah, karena Unisnu Jepara telah memiliki kualitas yang sama dengan perguruan tinggi besar di luar daerah,” tambah Sa’dullah.

Dijelaskan Rektor, selain mahasiswa asal Mesir, saat ini di Unisnu Jepara juga terdapat 8 mahasiswa asing dari Thailand yang menempuh kuliah di 3 Program Studi yang ada di Unisnu Jepara, yakni 6 mahasiswa di Prodi Pendidikan Agama Islam, 1 mahasiswa di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan 1 mahasiswa di Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Ketua Panitia Wisuda Nur Rohman kepada NU Online, Kamis (2/5) menjelaskan, pada Wisuda XII Unisnu Jepara mewisuda 475 sarjana baru, terdiri dari 463 wisudawan Strata Satu (S-1), dan 12 wisudawan Strata Dua (S-2).

Wisudawan strata satu berasal dari 16 program studi, yaitu Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) (16 orang), Perbankan Syari`ah (7 orang), Pendidikan Agama Islam (81 orang), Pendidikan Bahasa Inggris (24 orang), Komunikasi dan Penyiaran Islam (10 orang), dan Manajemen (84 orang).

Kemudian Akuntansi (146 orang), Ekonomi Islam (24 orang), Teknik Industri (4 orang), Teknik Elektro (4 orang), Teknik Sipil (11 orang), Teknik Informatika (21 orang), Sistem Informasi (5 orang), Desain Produk (12 orang), Desain Komunikasi Visual (10 orang), dan Budidaya Perairan (4 orang). Adapun wisudawan strata dua berasal dari satu program studi, yaitu Manajemen Pendidikan Islam (12 orang).

Hingga April 2019, Unisnu Jepara telah mewisuda 8.840 mahasiswa, terdiri dari 645 wisudawan Fakultas Syariah dan Hukum, 4.255 wisudawan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 258 wisudawan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 2.740 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 723 Fakultas Sains dan Teknologi, dan 219 Program Pascasarjana. (Syaiful Mustaqim/Muiz/NU Online)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar