1.845 warga Turki diadili gara-gara menghina Presiden Erdogan

1.845 warga Turki diadili gara-gara menghina Presiden Erdogan

Menteri Kehakiman Turki Bekir Bozdag menegaskan, sebanyak 1.845 kasus penghinaan terhadap Presdien Recep Tayyip Erdogan telah diajukan ke pengadilan. Banyak kritikus yang menganggap Rezim Erdogan terlalu agresif mengaktifkan pasal penghinaan pada presiden.

Dilansir dari Washington Post, Rabu (2/3)2016 lalu, hukum ini diduga digunakan oleh Erdogan untuk meredam perbedaan pendapat di negara tersebut. Banyak yang sudah menghadapi persidangan akibat mengkritik Erdogan, termasuk selebriti, jurnalis dan bahkan anak SMA.

"Dia (Erdogan) menjadi semakin otoriter, tak mau disalahkan. Kritik yang obyektif tapi bernada keras dianggap sebagai penghinaan," ungkap seorang tokoh oposisi yang minta namanya dirahasiakan.

Sementara itu, parlemen awal pekan ini mempertanyakan sejauh mana batasan pasal penghinaan presiden dapat dilaksanakan. Bozdag mengatakan sudah sebanyak 1.845 kasus dengan tuduhan menghina Erdogan yang dipersidangkan sejak tiga tahun terakhir.

Erdogan menjadi semakin keras pada para pengkritik yang dianggap menghina dirinya. Pekan lalu, mantan pemain tim nasional sepakbola Turki, Hakan Sukur (44), harus rela dihukum empat tahun penjara akibat cuitan di akun Twitter miliknya yang mengkritik pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan itu. [ard]

Sumber: merdeka.com

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar

close
Ardha Kids