PBNU Gelar Mudik Gratis 2019

PBNU Gelar Mudik Gratis 2019

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama kembali meluncurkan program mudik gratis jelang liburan lebaran. Melalui Lembaga Takmir Masjid, PBNU meluncurkan program bernama 'Mudik Bareng NU Tahun 2019'. Pelucuran ini  digelar di halaman Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Ahad (14/4).

Acara peluncuran ini diawali dengan istighotsah secara bersama-sama antara panitia dan para calon pemudik yang dipimpin oleh Ustadz Ali Sobirin.

Ketua Panitia Ibnu Hazen, mengatakan bahwa tujuan penyelenggaraan mudik berkah bersama NU ini untuk menyapa dan melayani para kaum urban yang ada di ibu kota, khususnya warga NU yang ingin merayakan lebaran di kampung halaman masing-masing.

Selain itu, sambungnya, kegiatan ini juga untuk membantu Pemerintah dalam mengurangi kepadatan arus lalu lintas dan menarik minat para pemudik motor agar beralih menggunakan angkutan massal bus mudik gratis.

Menurutnya, para pengendara roda dua menjadi target untuk mudik gratis karena dianggapnya memiliki risiko kecelakaan yang tinggi akibat kelelahan. "Oleh karena itu kegiatan mudik ini kita ingin menarik para pengendara motor, supaya ikut bus mudiknya NU, supaya risiko kecelakaan bisa diminimalisir melalui bus mudik," ucapnya.

Selain mudik gratis, Ibnu Hazen juga mengemukakan bahwa pihaknya menyiapkan posko-posko lebaran berbasis masjid. Posko-posko tersebut ditempatkan di berbagai masjid mulai dari Merak, Banten sampai Banyuwangi, Jawa Timur.

Pemberangkatan mudik gratis sendiri rencananya dilaksanakan di Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari di Jalan Raya Daan Mogot, Duri Kosambi, Kalideres, Jakarta Barat pada Kamis, 30 Mei 2019. Adapun traye tujuan adalah Kuningan, Cilacap, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Kudus, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Malang, Mojokerto, Madiun, Banyuwangi, via Situbondo, Banyuwangi via Jember, Probolinggo, Surabaya, Sumenep, Pamekasan, hingga Sumatera, yakni Tulang Bawang dan Metro. (Husni Sahal/Ahmad Rozali/NU Online)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar