Tanda-tanda Seorang mendapat Taufik dan Tanda-tanda Dihinakan Oleh Allah

Tanda-tanda Seorang mendapat Taufik dan Tanda-tanda Dihinakan Oleh Allah

Oleh : Rais Am Nahdlatul Ulama KH. Miftahul Ahyar

ﻣِﻦْ ﺟَﻬْﻞِ ﺍﻟﻤُﺮِﻳﺪُ ﺍَﻥْ ﻳَﻨﺴِﻰﺀ ﺍﻻََﺩَﺏَ، ﻓَﺘُﻮﺀَﺧِﺮُ ﺍﻟﻌُﻘـُﻮْﺑَﺔ ُ ﻋَﻨْﻪُ ﻓَﻴَﻘﻮُﻝُ، ﻟَﻮْﻛﺎَﻥَ ﻫٰﺬَﺍ ﺳُﻮْﺀَ ﺍَﺩَﺏٍ ﻟَﻘﻄَﻊَ ﺍﻻِﻣﺪﺍﺩ ﻭَﺍَﻭﺟﺐ ﺍﻻِﺑﻌﺎﺩُ، ﻓﻘﺪ ﻳﻘﻄﻊُ ﺍﻟﻤَﺪَﺩُ ﻋﻨﻪُ ﻣِﻦْ ﺣﻴﺚُ ﻻَ ﻳَﺸْﻌُﺮُ ﻭﻟَﻮﻟَﻢْ ﻳَﻜُﻦْ ﺍﻻَ ﻣﻨﻊَ ﺍﻟﻤَﺰِﻳﺪِ ﻭﻗﺪْ ﻳُﻘﺎَﻡُ ﻣﻘﺎَﻡَ ﺍﻟﺒُﻌْﺪِ ﻭﻫُﻮَ ﻻَﻳَﺪْﺭِﻱ ﻭﻟَﻮﻟَﻢْ ﻳَﻜُﻦْ ﺍﻻَّ ﺍَﻧْﻴُﺨَﻠِّﻴَﻚَ ﻭَﻣﺎَﺗُﺮِﻳْﺪُ

Setengah dari tanda kebodohan murid, jika ia berbuat salah dalam beradab kepada Allah lalu ditangguhkan hukumannya, lalu ia berkata, "andai kata termasuk dosa tentu sudah diputuskan bantuan atau karunia dan sudah dijauhkan. Ingatlah! Adakalanya telah diputuskan bantuan atau karunia dengan jalan yang ia tidak rasakan, meskipun hanya berupa tidak ada tambahan baru, dan adakalanya pula ia telah dijauhkan padahal ia tidak mengetahui, meskipun hanya berupa membiarkan engkau menurutkan hawa nafsumu.

~Ibnu Athoillah
Putusnya bantuan dari Alloh adalah awal dari hijab. Jadi apabila murid sudah mulai terhijab sehingga ibadahnya tidak bisa khudhur kepada Alloh, itu menjadi sebab gugurnya murid dari perhatian Alloh. dan akan datang hijab dalam hatinya.

Syeikh Abul Qasim Al Junaid RA berkata, Ketika aku sedang menunggu jenazah bersama orang-orang banyak yang akan disholatkan di masjid As Syuniziyah, tiba-tiba ada seorang pengemis miskin meminta-minta, maka dalam hatiku berkata, "Andaikan orang itu bekerja sedikit-sedikit supaya tidak meminta-minta, tentu akan lebih baik baginya".

Dan ketika pada malam harinya, aku akan mengerjakan wirid yang biasa aku kerjakan pada tiap malam, terasa sangat berat dan tidak dapat berbuat apa-apa, sambil duduk akhirnya tertidurlah mataku. Tiba-tiba aku bermimpi, orang-orang datang membawa orang miskin itu di atas talam, dan orang-orang itu berkata kepadaku, "Makanlah daging orang ini sebab engkau telah meng-ghibah padanya". Maka langsung aku terbangun dan sadar, dan aku tidak merasa ghibah padanya, hanya tergerak dalam hati, tetapi aku diperintahkan meminta halal kepada orang itu, maka tiap hari aku berusaha mencari orang itu, akhirnya bertemu di tepian sungai sedang mengambil daun-daunan yang rontok untuk dimakan dan ketika aku memberi salam kepadanya, langsung ia berkata, "Apakah kamu akan mengulangi lagi wahai Abul-Qasim?"
Jawabku, "Tidak". Maka ia berkata, "Semoga Allah mengampuni kami dan kamu".

Tanda-tanda seseorang mendapat taufik itu ada tiga:
~Mudah mengerjakan amal kebaikan, padahal ia tidak berniat dan bukan tujuannya.
~Berusaha untuk berbuat maksiat, tetapi selalu terhindar dari padanya.
~Selalu terbuka baginya kebutuhan dan hajat kepada Allah Ta'ala.

Sedangkan tanda-tanda seseorang yang dihinakan oleh Allah juga ada tiga
~Sulit melakukan ibadah dan ta'at, padahal ia sudah berusaha sungguh-sungguh.
~Mudah terjerumus ke dalam maksiat, padahal ia berusaha menghindarkannya.
~Tertutupnya pintu kebutuhan atau hajat kepada Allah, sehingga merasa tidak perlu berdo'a dalam segala hal....

-
Disadur dari Nanal Ainal Fauz

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar

close
Ardha Kids