Santri Zainul Hasan 1 Genggong Juara Olimpiade Nahwu Shorof Nasional

Santri Zainul Hasan 1 Genggong Juara Olimpiade Nahwu Shorof Nasional

Santri MA Zainul Hasan 1 Genggong, Probolinggo, Jawa Timur atas nama Himayatul Husna berhasil meraih juara 1 dalam Olimpiade Nahwu Shorof pada Event Festival Turots Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasantri (BEMS) Ma’had Aly Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Kegiatan yang bertemakan Meneguhkan Karakter Keilmuan Santri ini berlangsung pada Kamis (7/3), diikuti oleh berbagai instansi, juga pesantren se-Indonesia.

Ustadz Deo A Pramadhan selaku pembina lomba di MA Zainul Hasan 1 Genggong menyatakan dalam festival turats yang bertujuan untuk mempererat silaturahim antarsantri, masyayikh, dan pesantren ini terdapat tiga cabang lomba yaitu Olimpiade Nahwu Shorof (ONS), Musabaqoh Qiraatul Kutub (MQK) Kitab Fathul Mu’in dan Kitab Fathul Qarib.

Selain itu pada Jumat (8/3) juga dilangsungkan bedah kitab Ad-Darur Sunniyah karangan KH Romzi Al Amiri Mannan, selaku Mudir Ma’had Aly Nurul Jadid.

"Dari kegiatan ini juga kita bisa melestarikan budaya pesantren, yaitu Bahtsul Masail," imbuh Deo.

Ustadz Zarkasyi selaku guru tahqiqu qiraatul kutub MA Zainul Hasan 1 Genggong mengatakan meski awalnya agak minder, tapi anak didik mereka mampu mengatasi olimpiade nahwu shorof dengan baik,

Persaingan yang ketat berlangsugn selama perlombaan disebabkan karena even tingkat nasional dan diikuti oleh pesantren-pesantren yang ada di Tanah Air seperti Pondok Pesantren Al Anwar Sarang, Pondok Pesantren Bata-bata Madura, Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyyah Sukorejo Situbondo, juga berbagai pondok pesantren lainnya dari Sumatra dan Sulawesi. (Red: Kendi Setiawan/NU Online)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar