Santri Tegalrejo ke Presiden Jokowi: ‘Berkat Njenengan Santri Diakui’

Santri Tegalrejo ke Presiden Jokowi: ‘Berkat Njenengan Santri Diakui’

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diberikan sebuah papan bertuliskan ‘jangan lupa bahagia’ serta ‘oje nesu’ (jangan marah), oleh salah satu santri di pondok pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Magelang. Santri tersebut Bisri Musthofa atau biasa dipanggil Bisma.

“Kenapa berani nulis jangan lupa bahagia? Untuk siapa?” tanya Jokowi di Ponpes API, Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (23/3/19).

“Untuk kita semua pak. Khususnya untuk njenengan (Anda) karena berkat njenengan santri diakui,” balas Bisma.

Jokowi mengatakan dirinya selalu mensyukuri pemberian Allah SWT. Kemudian Bisma pun menjelaskan maksud dari tulisan ‘jangan lupa bahagia’ tersebut.

“Bahagia itu taat ibadah kepada Gusti Allah. Takzim kaleh pemerintah. Nderek kalih syekh. Selalu tersenyum dalam keadaan apa pun,” ungkapnya.

 Kemudian Jokowi meminta Bisma menjelaskan tulisan ‘ojo nesu’. Santri tersebut lalu mencontohkan sikapnya saat menunggu kehadiran kepala negara. Mantan Gubernur DKI Jakarta lantas menjelaskan jadwal dan kesibukannya yang padat.

“Apa yang ingin saya sampaikan jadwalnya padat sekali. Sekali meleset sedikit semua acara terlambat. Yang keliru bukan saya. Yang ngatur,” ujarnya.

Jokowi kembali mempertanyakan maksud dari tulisan ‘ojo nesu’ yang diberikan oleh Bisma kepadanya. Pada kesempatan ini, santri tersebut tampak gugup.

“Ojo nesu jangan marah. Karena segala sesuatu yang dibawa dengan emosi dan dipikir dengan marah akan hasilkan tidak baik,” tutur Jokowi.

Jokowi lantas memberi apresiasi kepada Bisma, namun bukan berbentuk sepeda. Kali ini Presiden memberikan potret dirinya bersama Bisma serta diabadikan dalam album foto Istana Negara.

“Ini, kalau ditukar sepeda, bisa mendapatkan 20 lebih. Karena ada tulisannya Istana Negara,” canda Jokowi seraya memberikan foto itu ke Bisma.

Jokowi melakukan kunjungan ke Kabupaten Magelang didampingi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Diawali dari ponpes Darussalam Timur Watucongol Muntilan, lanjut bersilaturahmi dengan Kyai dan Tokoh di Gedung Tri Bhakti.

SMK Syubhanul Wathon dan Ponpes API menjadi tempat terakhir dari serangkaian kunjungan Jokowi di Kecamatan Tegalrejo. [FN]

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar