Ini Amalan Kiai NU di Blitar yang Jasadnya Utuh Meski 31 Tahun Dikubur

Ini Amalan Kiai NU di Blitar yang Jasadnya Utuh Meski 31 Tahun Dikubur

Muslimoderat.net -- Jasad Kiai Anwar Sudibyo tampak masih utuh walaupun telah terkubur 31 tahun lamanya. Menurut kesaksian sang putra, Moch Munib, keseharian kiai semasa hidup tidak pernah lepas dari zikir.

"Ya mungkin karena abah itu tak pernah lepas zikir ya jadi jasadnya masih utuh seperti itu," ujar Munib saat dihubungi detikcom, Selasa (19/3/2019).

Kiai Anwar merupakan Rais Syuriah PCNU Cabang Blitar periode 1982-1987. Tidak hanya itu, ia juga pernah menjadi Ketua Tarekat Muttabar Amadiyah dan sesepuh Tarekat Kodiriyah wa Nasyabandiah.

Yang mana, kedua tarekat tersebut rutin menggelar zikir bersama. Yakni usai salat subuh dan magrib.

Tentang ibadah lain yang dilakukan sang ayah, Munib mengaku tidak memperhatikan secara khusus. Termasuk ibadah puasa yang setahu Munib hanya dilakukan saat Ramadan saja.


"Abah itu setahu saya gak pernah ibadah yang khusus begitu ya. Beliau hanya sering memimpin zikir di jemaah tarekatnya. Beliau dalam setiap aktivitas juga selalu berzikir. Itu juga yang diajarkan pada kami anak-anaknya," imbuhnya.

Jasad Kyai Anwar Sudibyo dipindahkan ke makam keluarga pada Kamis (14/3). Pemindahan makam itu atas inisiatif Banser yang ingin makam ulamanya tidak berhimpitan dengan makam warga sekitar di TPU desa itu.

Atas izin keluarga almarhum, pemindahan makam dilakukan dengan menggali kubur dan mengangkat jasad sang kiai yang telah terkubur selama 31 tahun. Saat diangkat, banyak warga yang menyaksikan jasad tersebut dalam kondisi utuh. Tidak lama kemudian, kejadian tersebut viral di media sosial.


Sumber: detik.com 

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar