Fathul Mujib alqarib, Kitab Karya Ulama NU "KH Afifuddin Muhajir"

Fathul Mujib alqarib, Kitab Karya Ulama NU "KH Afifuddin Muhajir"

Pada tahun 2015 lalu, Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI memberikan penghargaan kepada KH Afifuddin Muhajir atas karyanya yang berjudul Fathul Mujibil Qarib. Penyerahan anugerah ini diterima oleh santrinya, KH Abdul Muqsith Ghazali yang mewakili Kiai Afif.

Fathu al-Mujib al-Qorib adalah kitab syarah  dari kitab Fathul Qorib dengan bahasa dan penjelasaan yang mudah dimengerti oleh santri pemula.

Pengarang kitab itu, KH Afifuddin Muhajir, dalam pengantarnya, menandaskan bahwa selain untuk mempermudah santri dalam memahami kitab fiqih, penulisan kitab tersebut juga dimaksudkan untuk menghidupkan tradisi menulis kitab di kalangan tokoh NU.

“Sebenarnya NU memilki banyak tokoh ulama yang mempunyai kemampuan menulis kitab, namun belum terbiasa menulis,” ujar Katib Syuriyah PBNU ini sebagaimana dilansir dari NU Online.

Dikatakannya bahwa ulama Indonesia sesungguhnya banyak yang mempunyai kemampuan menulis kitab, yang tak kalah dengan ulama-ulama di Timur Tengah. “Kalau yang berhabasa Indonesia sudah banyak, tapi karya yang berbahasa Arab, masih  jarang. Mudah-mudahan karya Kiai Afifuddin ini bisa memacu yang lain untuk menulis,” ujarnya.

Beliau(KH Afifuddin Muhajir) merupakan salah satu perumus Bahtsul Masail Munas NU 2019 yang merumuskan soal Non Muslim, nah para penghujat Ulama NU yang gemar menuduh Liberal dan sesat itu apakah mampu membuat Karya Kitab Fiqih dalam bahasa arab? jawabannya tidak, karena Mentasrif satu lafadz saja salah terus, membedakan mufrod dan jamak taksir saj tidak bisa apalagi membaca kitab, apalagi menulis kitab, jauh.[red/muslimoderat]

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar