Sejumlah Ulama Timteng Bakal Turut Meriahkan Munas-Konbes NU

Sejumlah Ulama Timteng Bakal Turut Meriahkan Munas-Konbes NU

Munas Alim Ulama-Konferensi Besar Nahdlatul Ulama dihelat sepekan lagi. Perhelatan tersebut digelar di Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, Kujangsari, Banjar, Jawa Barat. Sejumlah Ulama Timur Tengah bakal turut memeriahkan Munas-Konbes NU.

Kabar tersebut disampaikan Ketua PBNU KH Marsudi Syuhud saat berkunjung ke gedung MNC Group di i-News Tower lantai 10 Jalan Kebon Sirih Raya 17-19 Jakarta, Selasa (19/2) siang.

Menurut Kiai Marsudi, para pembicara internasional dari Timteng yang dijadwalkan hadir antara lain, Prof Dr Musthofa Zahran dari Al-Azhar Mesir. “Beliau akan berbagi pengalaman tentang Islam di sana. Juga melihat seperti apakah model Islam Indonesia menurut ulama Mesir. Sudah bisakan diterima sebagai rujukan untuk warga dunia apa belum,” terangnya.

Kedua, lanjut dia, Syekh Taufiq Ramadhan Al-Buthi dari Syiria. Tokoh ini akan bercerita tentang negaranya yang kini hancur karena munculnya paham keagamaan menyimpang yang memicu perang saudara. “Selain itu, ada juga Habib Umar bin Hafidz dari Yaman. Beliau juga akan berbicara tentang tema yang sama,” papar Kiai Marsudi.

Dalam gelaran Munas-Konbes NU yang mengusung tema “Memperkuat Khidmah Wathoniyah untuk Kedaulatan Rakyat” nanti ada tiga sesi atau komisi Bahtsul Masail yang melahirkan hukum-hukum keagamaan. Pertama, mengenai isu kenegaraan. Kedua, soal lingkungan hidup. Ketiga, tentang sosial budaya.

Tiga momen tersebut. lanjut dia, akan dihadiri ribuan kiai. Oleh karena itu, PBNU mempersilakan media cetak dan elektronik yang tergabung dalam MNC Group turut meliput acara ini. “Intinya, kedatangan kami ke sini memberi ruang kawan-kawan yang tergabung dalam MNC Group untuk ikut memeriahkan Munas-Konbes di Kota Banjar pekan depan,” kata Kiai Marsudi.

Dalam pertemuan itu, Wakil Sekjen PBNU Isfah Abidal Azis memaparkan sejumlah agenda yang akan dibahas pada perhelatan tertinggi kedua setelah Muktamar NU ini. “Rangkaian ini sebenarnya dimulai pada tanggal 24-26 Februari. Munas akan dibuka Presiden Jokowi pada 27 ba'da dhuhur. Setelah itu, silaturrahim para ulama dilanjutkan forum musytasyar,” ujarnya.

Kehadiran delegasi PBNU disambut para pejabat teras MNC Group. Antara lain Wijaya Kusuma Subroto (Direktur iNews), Rafael Utomo (CFO iNews), Yadi Hendriana (Pemred iNews), Atika Suri (Pemred RCTI), Rizal Yusacc (Pemred MNCTV), Apreyvita (Pemred GTV), dan Geong Rusdianto (Kadiv News Gathering Integrasi).

“Kami mendukung acara Munas-Konbes ini. Jika perlu, kami akan memasang iklan agar lebih meriah,” kata perwakilan MNC. Pertemuan hampir dua jam ini berlangsung santai dan gayeng. Kiai Marsudi sesekali melempar guyonan khas NU sehingga suasana cair sekaligus menyenangkan. (Musthofa Asrori/NU Online)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar

close
Ardha Kids