Rusia Undang PBNU Hadiri Pameran Foto Muslim Negaranya

Rusia Undang PBNU Hadiri Pameran Foto Muslim Negaranya

Duta Besar Rusia untuk Indonesia mengundang PBNU untuk menghadiri pameran foto yang menggambarkan hal-hal yang terkait Muslim di negaranya. Pameran foto tersebut akan berlangsung di Jakarta pada Februari ini.

Hal itu disampaikan Duta Besar Rusia Lyudmila Vorobieva ketika menemui Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di Gedung PBNU, Jakarta, Jumat (1/2) sore. Lyudmila ditemani seorang penerjemah, Veronika Novoseltseva. Sementara Ketua Umum PBNU ditemani Bendahara Umum H Bina SUhendra, Wakil Sekretaris PBNU Suadi Pranoto, dan Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif NU KH Arifin Junaidi.   

“Duta Besar Rusia mengadakan pameran foto Islam di Rusia. Kami mengundang pimpinan NU untuk menghadiri pameran tersebut,” kata Lyudmila yang diterjemahkan Veronika, selepas pertemuan.

Lyudmila Vorobieva mengatakan, 10 persen penduduk Rusia memeluk agama Islam atau sekitar 20 juta jiwa. Penduduk Muslim Rusia dan Indonesia memiliki banyak kesamaan, di antaranya bersifat toleran dan moderat.

Ia menambahkan, pemerintah Rusia memberikan kebebasan beragama kepada penduduknya, termasuk yang beragama Islam. Bahkan, Presiden Rusia Vladimir Putin, pada tahun 2016 meresmikan masjid di Kota Moskow. Masjid tersebut merupakan terbesar di Eropa.

Selain mengundang PBNU untuk menghadiri pameran foto, menurut Lyudmila, kedua belah pihak membahas rencana kerja sama dalam bidang pendidikan dan kebudayaan semisal pertukaran pelajar dan pengenalan budaya.

Lebih lanjut ia menceritakan, hubungan Rusia dan Indonesia berjalan dengan baik. Selama ini kedua negara bekerja sama dalam bidang perdagangan, ekonomi, dan politik. (Abdullah Alawi/NU Online

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar