Joram van Klaveren: Dulu Anti-Islam, Kini Mualaf

Joram van Klaveren: Dulu Anti-Islam, Kini Mualaf

Dialah Joram van Klaveren (40). Seorang mantan politisi Belanda sayap kanan. Dulu dia adalah anggota dari partai PPV Geert Wilders. Partai ini dikenal sebagai partai yang anti Islam. Joram van Klaveren juga seorang mantan anggota parlemen Belanda dan pernah menjadi tangan kanan  seorang politisi anti-Islam, Geert Wilder.

Masa lalu Joram van Klaveren sangat anti dengan Islam. Pernah suatu ketika dia mengatakan kalau Islam adalah ‘kebohongan’ dan kitab suci umat Islam Al-Qur’an adalah ‘racun’. Selama menjadi anggota parlemen dari partai Wilder, Joram van Klaveren terus menerus melakukan kampanye untuk memusuhi Islam.

Diantara kampanye anti-Islam yang didengungkan Joram van Klaveren dan kelompok sayap kanan adalah menolak menara masjid dan burqa. Mereka tidak menginginkan Islam ada di Belanda.

Akan tetapi kebencian dan permusuhan Joram van Klaveren terhadap Islam lenyap. Hidayat telah datang kepadanya. Ia malah menyatakan diri untuk memeluk agama yang dulu dimusuhinya itu. Kini ia menjadi seorang mualaf. Menariknya, Joram van Klaveren masuk Islam ketika dirinya tengah menulis buku yang tadinya diproyeksikan sebagai sebuah buku anti-Islam.

“Selama penulisan (buku anti-Islam) itu, saya menemukan semakin banyak hal yang membuat pandangan saya tentang Islam goyah," kata Joram van Klaveren dalam sebuah wawancara di TV Belanda, NieuwLicht, dilansir Independent, Kamis (7/2).

Dalam sebuah wawancana dengan Tijs van den Brink di NPO Radio 1, sebagaimana surat kabar Belanda NRC Handelsblad, Joram van Klaveren memeluk agama Islam pada 26 Oktober tahun lalu atau menjelang peluncuran bukunya yang berjudul ‘Apostate: From Christianity to Islam in the Time of Secular Terror’ (Murtad: Dari Kristen ke Islam di Masa Teror Sekuler).

Sebelum Joram van Klaveren, Arnoud van Doorn juga melakukan hal yang sama. Dia memeluk Islam ketika sedang menulis buku tentang anti-Islam. Arnoud van Doorn merupakan mantan rekan Joram van Klaveren di PVV Geert Wilders yang menjadi penasihat kota Den Haag.

Joram van Klaveren lahir pada 23 Januari 1979 di Amsterdam, Belanda. Ia menjadi anggota Parlemen Belanda selama 4 tahun, mulai 17 Juni 2010 hingga 21 Maret 2014.

Sebagai informasi, Biro Pusat Statistik Belanda (CBS) merilis bahwa jumlah umat Islam di Negeri van Orange adalah sekitar lima persen atau 850 ribu orang dari total populasi Belanda 17 juta orang. (Red: Muchlishon/NU Online)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar