Hubungan Erat Antara Lasem dan Tebuireng

Hubungan Erat Antara Lasem dan Tebuireng

Awalnya tak ada niatan gathuk-gathukno Lasem dan Tebuireng, tapi kedatangan Gus Sholah hari ini kembali menggugah ingatan untuk merekontruksi khazanah para sesepuh dalam satu ikatan kuat yang bernama kekerabatan.

Saat Gus Sholah bertandang ke Lasem seperti ini, sebenarnya beliau sedang kembali ke "tempat asal", sebab jika mau diurut lebih runtut maka secara nasab beliau masih terhitung dzurriyah Mbah Abdurrahman Sambudigdo. Seorang tokoh Lasem cukup masyhur yang menurunkan banyak kyai kharismatik di tanah Jawa, termasuk rois akbar dan rois 'am jam'iyyah Nahdhatul Ulama' semisal: Mbah Hasyim Asyari Tebuireng, Mbah Wahab Hasbullah Tambakberas, Mbah Bisyri Syamsuri Denanyar, Mbah Ahmad Shiddiq Jember dan Mbah Ali Maksum Krapyak.

Menurut versi catatan yang saya simpan (bisa jadi ada beberapa versi), Runtutan Gus Sholah hingga sampai ke Mbah Abdurrahman Sambu adalah sebagai berikut (mohon koreksi):

Sholahuddin bin Wahid bin Hasyim bin Halimah binti Layyinah binti Sichah bin Abdul Jabbar bin Ahmad bin Abdurrahman (Mbah Sambu).

Di samping itu, Mbah Hasyim Asy'ari sendiri juga menjadi besan dari Mbah Abdul Aziz bin Baidhowi bin Abdul Lathif yang bermukim di Sumurkepel Lasem. Yaitu dengan menikahkan putri beliau yang bernama Nyai Khoiriyah dengan Kyai Muhaimin (adik dari Mbah Baidhowi bin Abdul Aziz).

Intinya, kami senang sekali kerawuhan gus Sholah hari ini. Seolah sedang merekatkan puzzle kekerabatan yang sedikit samar dan memudar. Terakhir beliau berkunjung di rumah ialah saat ayah kami wafat beberapa tahun silam. Beliau sempatkan takziyah dan menguatkan kami kala itu.

Satu hal yang menarik lagi dari beliau adalah pembawaannya yang tenang dan tidak mudah bicara kontroversial. Dan tanpa canggung dan ragu beliau masih mau ber-idkholus surur (bahasa lain dari narsis) meski terlihat lelah usai bicara panjang lebar tentang ke-NU-an, khittoh dan aswaja hingga sore tadi.

Sehat selalu gus.. Matur suwun rawuhipun, mugi-mugi sedoyo kaluberan berkah Hadhrotus Syeikh Hasyim Asyari (termasuk yg mengamini). Aamiiiin...

Dishare dari Zaki Abigeva

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar