Harus Dicontoh! Guru-guru di Tiga Kecamatan Ini Dikader Jaga Aswaja An-Nahdliyah

Harus Dicontoh! Guru-guru di Tiga Kecamatan Ini Dikader Jaga Aswaja An-Nahdliyah

Guru-guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Mojowarno, Bareng dan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur mengikuti pelatihan Guru Aswaja an-Nahdliyah di Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Mojowarno, Sabtu (16/2).

Kegiatan diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif bersinergi dengan Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Mojowarno juga diikuti para guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) khusus di Mojowarno.

Direktur Aswaja NU Center (Asnuter) Jombang, KH Afifuddin Dimyathi mengungkapkan, seorang guru penting memiliki pemahaman Aswaja an-Nahdliyah yang matang dan bisa menularkannya kepada anak didiknya.

Guru menurut dia, adalah benteng awal di lingkungan sekolah dan madrasah untuk menjaga siswa-siswinya dari sasaran paham yang tak sesuai dengan ajaran Islam rahmatan lil alamin.

"Kenapa kita pilih guru, karena guru adalah benteng awal untuk menjaga menjaga Aswaja dari susupan aliran tidak sesuai, sehingga bisa benar-benar menjaga siswa-siswinya di lingkungan sekolah atau madrasah," katanya.

Pria yang kerap disapa Gus Awis ini menambahkan, Aswaja NU Center komitmen akan melahirkan kader-kader Aswaja yang siap membela dan menyosialisasikan ajaran Aswaja di tengah masyarakat. Termasuk kader Aswaja yang berlatar belakang guru.

Untuk melahirkan kader Aswaja itu, kata dia, selain Asnuter mengadakan pelatihan-pelatihan Aswaja 6 bulan sekali, Asnuter juga menyiapkan kegiatan Training of Trainer (ToT) sebagai tindak lanjut dari pelatihan tersebut, sehingga pemahaman mereka tentang Aswaja tak lagi diragukan.

"Nanti mereka akan kami tingkatkan dengan kegiatan ToT. ToT ini kita adakan setahun sekali. Sehingga mereka siap tampil membela Aswaja di tengah masyarakat," jelasnya.

Dirinya menyebut, pengkaderan Aswaja ditarget muncul sebanyak 60 kader yang tersebar di berbagai titik di Jombang. Hal ini juga ia katakan menjadi mandat Asnuter dalam menjalankan salah satu programnya. (Syamsul Arifin/Muiz/NU Online)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar