Gus Yaqut: Jaga NKRI dan Aswaja di Semua Bidang, Termasuk Politik

Gus Yaqut: Jaga NKRI dan Aswaja di Semua Bidang, Termasuk Politik

Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Choumas mengatakan, perjuangan untuk menjaga tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan akidah Ahlussunah wal Jamaah an-nahdliyah (Aswaja) harus dilakukan di semua bidang, salah satunya lewat jalur politik.

Hal ini disampaikan kepada 2500 Ansor Banser peserta Ijazah Kubro Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser Kabupaten Brebes di halaman Islamic Center, Ahad (24/2) sore.

Ia mengatakan, politik menjadi penting karena semua peraturan yang mengikat pada harkat hidup manusia dibuat di lembaga politik seperti peraturan daerah dibuat oleh DPRD kabupaten atau provinsi, undang-undang dibuat DPR RI.

Kalau tidak ada kader-kader Nahdlatul Ulama, kata dia, yang menduduki posisi di lembaga politik, dikhawatirkan akan ada peraturan maupun undang-undang yang tidak mendukung, bahkan melarang amaliah-amaliah Nahdlatul Ulama.

"Kalau kita masih mau istighotsah, ziarah kubur, ijazah kubro seperti ini, tidak ada pilihan lain selain menempatkan kader-kader Nahdlatul Ulama di lembaga politik," tegas Gus Yaqut.

Lebih lanjut, Gus Yaqut mengatakan, NKRI dan akidah Ahlussunah wal Jamaah an-nahdliyah harus dijaga di semua bidang. Karena ancaman terhadap negara dan Nahdlatul Ulama semakin hari semakin berat.

Hari ini, lanjutnya, bermunculan kelompok-kelompok anti-Pancasila yang ingin mengubah dasar negara Indonesia. Maka sebagai kader Ansor Banser punya kewajiban menjaga NKRI dan NU. Kalau Indonesia dikuasai oleh kelompok-kelompok yang tidak punya jejak sejarah atas negeri ini, diyakini tidak hanya Indonesia yang akan hancur, melainkan Nahdlatul Ulama akan hancur juga.

"Menjaga negeri, meski bukan pekerjaan yang tidak mudah, tetapi tidak akan mundur sejengkal pun demi negara dan jamiyah yang kita cintai ini," tandas Gus Yaqut.

Di akhir pembekalan, Gus Yaqut sangat mengapresiasi kepada Satkorcab GP Ansor Kabupaten Brebes atas terselenggaranya ijazah kubro ini. Dirinya optimistis dengan adanya kegiatan seperti ini menambah semangat kader-kader Ansor Banser untuk menjaga NKRI dan NU. (Rizal Amri/Wasdiun/Abdullah Alawi/NU Online)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar