KH Luqman Hakim: Hoaks Diproduksi Orang-Orang Fasik

KH Luqman Hakim: Hoaks Diproduksi Orang-Orang Fasik

Membuat dan menyebarluaskan kabar bohong (hoaks) termasuk perilaku orang-orang fasik. Sebab, penipuan informasi dalam rangka memecah belah antar masyarakat sesungguhnya kejahatan yang direncanakan oleh pembuatnya. Hoaks tidak hanya mengubur nilai-nilai kebenaran, tetapi juga menyebarluaskan virus-virus kejahatan yang bisa berdampak buruk bagi kehidupan sosial masyarakat.

Menurut Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatul Muhibbin Caringin, Bagor, Jawa Barat, KH Luqman Hakim, ketika seseorang membuat dan menyebarkan hoaks pada saat itu pula Allah Swt memfasikkan hatinya. Ketika itu, tidak ada nurani yang tebersit di dalam hatinya. “Dan bila seseorang sedang menyebar hoaks, Allah sedang memfasikkan hatinya,” tulisnya dalam akun twitternya, Kamis (10/1).

Kiai yang dikenal sebagai ahli tasawwuf itu juga menambahkan bahwa semua yang terjadi di muka bumi telah ditakdirkan Allah Swt. Ketaatan seorang hamba kepada Allah adalah rahmat dari Allah itu sendiri. “Bila Allah Swt merahmatimu saat ini, Anda ditakdirkan taat kepadaNya saat ini. Bila Allah Swt menyiksamu saat ini, anda ditakdirkan maksiat kepada-Nya,” katanya.

Begitu halnya ketika Allah mengampuni dosa para hambaNya, sesunguhnya Allah memberikan hidayah sehingga yang terucap dari seorang hamba adalah kalimatut thayyibah, dan istigfar. “Bila Allah mengampuni dosa-dosamu saat ini, Anda ditakdirkan istighfar. Bila Allah merendahkanmu, Allah bukakan pintu nafsumu,” jelas Direktur Sufi Center Jakarta itu.[islamramah.co]

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar