Diresmikan, Pondok Pesantren NU di Mimika Papua

Diresmikan, Pondok Pesantren NU di Mimika Papua

Senin (14/1) sore, rintik gerimis mengiringi akhir puncak kegiatan Amole Maulid dan hari lahir ke-93 Nahdlatul Ulama dalam hitungan  kalender masehi. Berbarengan dengan itu di Kampung Mwuare, Mimika, Papua dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Darussalam Mimika.

Peletakan batu ini dilakukan KH Hisyam Syafaat, selaku pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Blok Agung Banyuwangi. Hal itu sebagai wujud pemberian restu, dukungan, dan doa untuk keberhasilan Pondok Pesantren Darussalam Mimika.

"Saya lihat pesantren ini sangat strategis, ada di pinggir jalan raya,” kata KH Hisyam Syafaat.

Kiai yang juga sebagai Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi, Jawa Timur ini menyatakan salut karena proses pengembangan pesantren diawali membangun masjid, kemudian rumah guru dan dilanjut pembangunan fasilitas belajar.

“Apa yang dilakukan di sini ini benar-benar sesuai dengan tahapan Rasulullah saat melakukan hijrah ke Madinah dan membangun peradaban Madani di Madinah," katanya. Selanjutnya bagaimana semua komponen bekerja dengan ikhlas untuk membangun pondok, lanjut putra sulung KH Mukhtar Syafaat, pendiri Pesantren Darussalam Blok Agung Banyuwangi ini.

Selain melakukan peletakan batu pertama pembangunan pesantren Darussalam Mimika, KH Hisyam juga melakukan penanaman pohon jambu air sebagi semangat dan kredo pesantren wirausaha, pesantren yang memberikan bekal praktis berwirausaha.

"Pemilihan pohon jambu air ini untuk tafaulan dengan pohon jambu di Blok Agung Banyuwangi. Dengan harapan Pesantren Darussalam Mimika bisa berkembang dan maju seperti Pesantren Darussalam Blok Agung Banyuwangi," urai Ustadz Hasyim, selaku Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam, Mimika.

Sebelum peletakan batu pertama pembangunan Pesantren Darussalam Mimika ini, KH Hisyam Syafaat berkenan mengukuhkan kepengurusan Pondok Pesantren Darussalam Mimika. Ikrar dilakukan oleh para pengurus di bawah bimbingan KH Hisyam Syafaat dengan disaksikan seluruh jamaah.

Legalitas pondok pesantren Darussalam Mimika Papua dikukuhkan Pengesahan Pendirian Badan Hukum dari Menkumham RI nomor AHU 0013880 AH 01 04 Tahun 2018.

Hadir dalam acara peletakan batu pertama pembangunan Pesantren Darussalam Mimika ini para pengurus pesantren, tokoh NU dan donatur. (Sugiarso/Ibnu Nawawi/NU Online)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar