Berbatik Biru dan Peci Hitam, Presiden Hadiri Harlah ke-93 NU

Berbatik Biru dan Peci Hitam, Presiden Hadiri Harlah ke-93 NU

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara pembukaan hari lahir (Harlah) ke-93 Nahdlatul Ulama (NU), di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (31/1).

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, Jokowi mengenakan kemeja batik lengan panjang berwarna biru tua dan peci hitam. Ia masuk ke ruang acara sekitar pukul 13.15 WIB.

Jokowi langsung berjalan menuju panggung acara. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu disambut Ketua Umum PBNU Said Aqil Sirodj dan para pengurus pengurus NU, baik tingkat pusat dan wilayah.

Jokowi pun dipersilakan duduk di bangku barisan depan. Ia duduk di sisi kanan Said Aqil. Sesaat kemudian para peserta langsung menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu NU.

Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU Robikin Emhas mengatakan pembukaan harlah ke-93 NU ini turut dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, yang dijadwalkan menjadi pembicara.

Robikin menyatakan harlah yang tepat jatuh hari ini akan menjadi momentum konsolidasi kaum Nahdliyin. Menurut dia, konsolidasi NU sudah dimulai pertengahan 2018, meliputi konsolidasi struktur, kultur dan program.

"Harlah dengan tema Konsolidasi Organisasi Jelang Satu Abad NU menjadi momentum konsolidasi organisasi di berbagai tingkatan. Dari struktur PB, PW, PC, MWC, Ranting, hingga Anak Ranting NU," kata dia lewat keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com.

Menurut Robikin, usai pembukaan acara akan dilanjutkan dengan konsolidasi seluruh fungsionaris PBNU yang terdiri dari Mustasyar, A'wan, Syuriyah, Tanfidziyah beserta seluruh pengurus lembaga dan badan Otonom NU. Total seluruh perserta berjumlah 1.498 orang

"Selain itu, seluruh PWNU dan PCNU se-Indonesia, para kiai sepuh dan para masyayikh juga akan hadir," ujar dia.

Hadir pula Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa. (fra/dea)

Sumber: cnnindonesia.com

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar