Banser, Sosok 'Serba Guna' di Ajang Harlah Ke-73 Muslimat

Banser, Sosok 'Serba Guna' di Ajang Harlah Ke-73 Muslimat

Sesuai dengan namanya Barisan Ansor Serba Guna (Banser) menjadi sosok yang berfungsi serba guna dalam ikut menyukseskan rangkaian kegiatan Harlah ke-73 Muslimat. Keberadaannya menjadi ujung tombak lancarnya berbagai aktifitas selama perjalanan dan saat kegiatan berlangsung.

Tidak hanya mengurusi ketertiban dan keamanan, Banser juga melakukan tugas yang terkadang tidak menjadi tugas pokok dan fungsinya. Semua dilakukan dengan ikhlas agar semua peserta senang dan dapat menikmati kegiatan dengan maksimal.

"Kita siap membantu segala hal terkait kebutuhan peserta. Angkat junjung siap, kesehatan siap, bawa tas siap, sampai tukang foto kami siap," kata salah satu anggota Banser dari Lampung, Sunarman saat mendampingi bus menuju Gelora Bung Karno, Sabtu (26/1).

Bahkan selama perjalanan dari Lampung ke Jakarta, ia bersama rekannya juga menjadi pemandu para peserta menyanyikan lagu-lagu NU seperti Ya Lal Wathan dan Mars Banser.

"Untuk mengusir kepenatan selama perjalanan, kita beramai-ramai menyanyikan lagu-lagu NU sekaligus latihan kekompakan," katanya.

Berdasarkan pengamatan dilokasi GBK, setiap rombongan bis membawa 2-3 anggota Banser untuk mengawal mereka. Peran anggota Banser ini sangat membantu, saat peserta sampai di lokasi.

"Kalau nggak ada Banser nggak bisa dibayangkan repotnya kita mengarahkan peserta ke lokasi di GBK yang sangat luas," kata Susi, koordinator salah satu bus dari Pringsewu, Lampung.

Para anggota Banser di setiap rombongan sudah difasilitasi dengan alat komunikasi Handy Talky (HT) sehingga mudah berkomunikasi.

"Tak dipungkiri, peran Banser di saat-saat seperti ini sangat vital sekali. Terima kasih Banser. Tetaplah istiqomah dan ikhlas berkhidmah di Nahdlatul Ulama," pungkasnya. (Muhammad Faizin/Kendi Setiawan/NU Online)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar