17 Alasan Kenapa Muslimah Lulusan Pesantren Sangat Sempurrna Jadi Isterimu

17 Alasan Kenapa Muslimah Lulusan Pesantren Sangat Sempurrna Jadi Isterimu

Kehidupan di pesantren menyimpan beragam cerita dan berjuta makna. Pahit manis, kesederhanaan hingga peraturan yang ketat membuat orang-orang yang ada di dalamnya menjadi pribadi-pribadi yang istimewa. Tak terkecuali santriwan dan santriwati sebagai aktor utama dalam kehidupan pesantren. Setidaknya ada beberapa hal yang membuat muslimah lulusan pesantren menjadi begitu istimewa.

1. Karena dia adalah muslimah yang mandiri
Di usia muda sudah jauh dari orang tua, meninggalkan kampung halaman menuntut ilmu di pesantren. Di pesantren semua keperluannya dikerjakannya sendiri, mencuci seragam sekolah, bersih-bersih, bahkan mengatur uang jajannya sendiri. Pastinya dia orang yang sangat mandiri. Siapa sih yang ngk kepengen punya istri cekatan dan mandiri? Ngk sedikit-sedikit minta bantuan suami.

2. Dia adalah muslimah yang disiplin
Tidur paling akhir dan bangun paling awal jadi kebiasaannya di pesantren. Kehidupan di pesantren memang ketat, banyak peraturan dan tentunya banyak kegiatan. Tapi, dia mampu mengaturnya. Tidak ada waktu yang nganggur dan sia-sia. Pokoknya dia bakal selalu siap bikinin kamu kopi pas bangun tidur, ngk bakalan deh dia molor, kesiangan.

3. Dia adalah muslimah yang paham ilmu agama
Memang, cewek lulusan pesantren tidak semuanya bakal jadi ustadzah apalagi jadi kyai hehe. Tapi selama di pesantren dia sudah dibekali ilmu agama yang lumayan. Setidaknya bisa bekal untuk diri sendiri dan bekal membimbing anak-anak keturunanya nanti. Siapa sih yang ngk kepingin punya istri yang bisa mendidik anak-anak dengan ilmu agama.?

4. Kebanyakan dari mereka nggak suka pacaran
Karena di pesantren pacaran adalah hal yang sulit bahkan mustahil, baru kirim surat saja sudah disidang pengurus. Apalagi khalwat berduaan, ngk mungkin deh. Jadi kalian para cowok enggak perlu curiga sama mantan-mantannya. Cuma kamu satu-satunya yang menjadi kekasih halal buat dia.

5. Dia nggak akan memberi harapan palsu buat kamu
Bagi dia ngk perlu lama-lama ta’arufan apalagi lama-lama pacaran. Karena dia tahu, mereka yang pacaran itu cuma cari yang enak-enaknya saja. Padahal itu berbuah dosa. Jika sudah cocok dia akan kasih kode ke kamu, atau malah dia yang akan melamarmu, kayak Khadijah sama Rasulullah gitu hehe.

6. Dia romantis juga loh
Walaupun kebanyakan dari mereka perangainya lembut dan kalem, tapi tetep, dia orangnya romantis dan perhatian loh.

7. Sudah terbiasa hidup sederhana
Pesantren mengajarinya hidup sederhana dan bersahaja, jadi ngk bakalan deh dia jatuh cinta ke kamu cuma gara-gara harta. Pun, dia siap diajak hidup susah, makan sepiring berdua. Karena di pesantren malahan sudah terbiasa makan sepiring bertiga dengan teman-temannya hehe.

Jadi ngk usah ragu buat mempersunting muslimah lulusan pesantren. Tak terlalu penting seberapa cantik parasnya asalkan baik dan taat syariat. Siapa tau dia adalah bidadari yang dikirimkan sang Khalik untuk menyempurnakan separuh agamamu.

Rasulullah SAW telah mengajarkan bahwa menikah itu adalah ibadah. Pernikahan merupakan sunah nabi yang sangat dianjurkan pelaksanaannya bagi umat islam.

Rasulullah SAW melarang kaum muslimin membujang (tidak menikah) dalam hidupnya. Orang-orang yang sengaja tidak mau menikah atau benci dengan sunah menikah maka ia bukan umat Nabi Muhammad.

Rasulullah SAW bersabda: “Nikah itu sunnahku, barangsiapa yang tidak suka, bukan golonganku ”[HR. Ibnu Majah, dari Aisyah r.a]

Banyak hikmah dan keistimewaan yang terkandung dalam pernikahan. Maka barang siapa yang mampu melaksanakannya dengan sempurna, maka ia dan pasangannya akan mendapat pahala yang besar.

Hakikat dari menikah itu bukan hanya untuk mencari kebahagiaan di dunia saja, melainkan juga untuk mendapatkan kebahagiaan di akhirat.

Boleh saja bagi setiap laki-laki yang ingin menikah berharap untuk mendapatkan istri yang cantik, kaya, putih, pintar, dan lain sebagainya.

Namun perlu diingat bahwa jika menginginkan pernikahan yang bisa menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat, maka yang terpenting adalah menikahi wanita karena agamanya (sholehah).

Dengan mengarahkan pilihan untuk mempersunting seorang santri putri sebagai calon istri, bisa menjadi jalan bagi kaum laki-laki untuk mencapai apa yang dinamakan kebahagian dunia dan akhirat. Hal ini karena santri putri memiliki beberapa kriteria sebagai calon istri idaman.

Ingin tahu?

Berikut alasan-alasan mengapa santri putri menjadi pilihan terdepan untuk dijadikan istri idaman.

1. Rajin Beribadah
santriwati adalah calon istri idaman, inilah alasannya!
Rasulullah SAW berpesan, “Nikahilah wanita yang kuat agamanya, niscaya kau beruntung” [HR Bukhari, Muslim, Abu Daud, An Nasai]

Berdasarkan hadits tersebut, bisa disimpulkan bahwa mencari calon istri yang alim dan sholehah itu adalah sebuah keharusan.

Seorang santri putri pastinya sudah mendapatkan bekal ilmu-ilmu agama di pesantrennya. Mereka sudah terbiasa melaksanakan ibadah-ibadah seperti yang telah di perintahkan oleh Allah SWT, seperti sholat 5 waktu, puasa, zakat dan ibadah-ibadah lainnya. Nah, tipe wanita yang seperti inilah yang sangat layak dijadikan istri idaman.

2. Pintar Mengaji
santriwati adalah calon istri idaman, inilah alasannya!
Mengapa santri putri pinter mengaji? Ya iyalah, setiap hari kerjaannya ngaji. Ngaji Al Qur’an, ngaji kitab kuning dan ngaji kitab-kitab lain. Mempunyai istri yang pinter mengaji dan paham ilmu agama pasti banyak kelebihan positifnya.

Terus bayangin saja, ketika setiap hari di isi dengan mengaji bersama, apa ndak so sweet itu? Jadi cari yang pinter mengaji ya.

3. Membawa Kebahagiaan
santriwati adalah calon istri idaman, inilah alasannya!
Rasulullah SAW bersabda: “Empat perkara termasuk dari kebahagiaan, yaitu wanita (istri) yang shalihah, tempat tinggal yang luas/ lapang, tetangga yang shalih, dan tunggangan (kendaraan) yang nyaman. Dan empat perkara yang merupakan kesengsaraan yaitu tetangga yang jelek, istri yang jelek (tidak shalihah), kendaraan yang tidak nyaman, dan tempat tinggal yang sempit”. [HR. Ibnu Hibban]

Nah, Rasulullah SAW sudah bepesan bahwa salah satu kebahagiaan adalah memiliki istri yang solehah. Istri yang solehah pastinya akan selalu taat kepada suami dan akan selalu berusaha untuk membahagiakan suami. Santri putri itu ya seperti ini nih..

4. Bisa Diajak Hidup Sederhana
santriwati adalah calon istri idaman, inilah alasannya!
Setiap santri putri pastinya sudah sangat terbiasa dengan hidup sederhana saat di pesantren. Mereka sudah tentu akan ikhlas menerima dan bersyukur atas apa yang dimiliki. Mereka juga siap untuk di ajak hidup susah dan berjuang bersama.

Namun para lelaki yang sejati tidak akan pernah memiliki pemikiran akan mengajak istrinya hidup susah, dia pasti akan berusaha untuk membuat kehidupan rumah tangganya berkecukupan tanpa ada kekurangan apapun.

Jika ingin mencari calon istri yang penuh kesederhanaan, maka santri putri adalah pilihan yang sangat tepat.

5. Terlatih Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga
santriwati adalah calon istri idaman, inilah alasannya!
Nyapu? Ngepel? Dan semua urusan rumah tangga pastinya santri putri bisa melakukannya. Para santri putri sudah sangat terbiasa melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga saat berada di pesantren.

Mereka mempraktekkan apa yang ada di dalam kitab “uqudul lujain”. Apalagi santri putri yang menjadi abdi dalem di rumah pengasuh atau kyai, keahlian dan kesabaran mereka pasti sudah teruji.

6. Jago Memasak
santriwati adalah calon istri idaman, inilah alasannya!
Kebanyakan santri putri pasti jago masak. Hal ini bukan tanpa alasan, mereka sudah terbiasa masak sendiri kalau mau makan. Ya, minimal bisalah ngeliwet nasi dan masak mie hehe.

Dengan mempunyai istri solehah dan jago masak pasti akan membuat kamu betah makan di rumah deh.

7. Mempunyai Sifat Keibuan
santriwati adalah calon istri idaman, inilah alasannya!
Salah satu hal yang penting adalah seorang istri harus mempunyai sifat keibuan. Pastinya seorang santri putri itu lebih bersikap dewasa dan keibuan. Jadi sudah tidak perlu takut lagi mereka ndak bisa mengurus anak-anak kamu ya.

8. Bisa Mengajari Anak Tentang Ilmu Agama Sejak Kecil
santriwati adalah calon istri idaman, inilah alasannya!
Sebuah ungkapan “Ibu adalah madrasah pertama dan paling utama bagi anak” itu benar adanya. Jadi, jika kamu mempunyai seorang istri santri putri, maka itu adalah suatu keberuntungan dan anugerah yang sangat luar biasa, karena mereka bisa menjadi madrasah terbaik untuk anak-anak kamu kelak.

9. Pintar Mengatur Waktu
santriwati adalah calon istri idaman, inilah alasannya!
Kehidupan pesantren itu sangat padat, banyak sekali kegiatan mengaji yang dilakukan namun santri putri bisa mengatur waktu dengan baik, sehingga masih sempat untuk mengerjakan kegiatan yang lain.

Hal ini akan menjadi bekal yang sangat baik untuk kehidupan keluarga kamu, karena mereka akan bisa mengatur waktu keluarga dengan baik.

Seorang santri putri sudah biasa hidup dengan banyak tugas, dan mereka pasti bisa menjadi ibu rumah tangga yang baik.

10. Pintar Mengatur Uang Belanja
santriwati adalah calon istri idaman, inilah alasannya!
Seorang santri putri sudah terbiasa hidup sederhana dan hemat, mereka juga sudah terbiasa mengatur setiap pemasukan dan pengeluaran dengan sangat detail.

Yang paling penting, mereka tidak akan menolak berapapun uang belanja yang diberikan oleh suami. Berapapun uang belanjanya, mereka pasti bisa mengaturnya sehingga urusan dapur akan tetap aman.

Demikian beberapa alasan mengapa seorang santri putri adalah pilihan terbaik dan sangat layak dijadikan istri idaman. Semoga kamu bisa bisa mendapatkan dan menikahi santri putri pujaan hatimu, Amin.Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih.[kbo]

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar

close
Ardha Kids