Kisah Seorang Nasrani Masuk Islam Setelah Buktikan Keajaiban Zakat

Kisah Seorang Nasrani Masuk Islam Setelah Buktikan Keajaiban Zakat

Imam Hasan bin Ali menceritakan bahwa ketika kakeknya, Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat, obatilah penyakitmu dengan sedekah dan hadapilah bencana dengan doa dan merendah diri”, lewatlah seorang Nasrani dan mendengarnya.
Nasrani itu berkata, “Jika perkataan Muhammad ini benar, maka aku akan beriman kepadanya. Tapi jika dusta, maka aku akan membunuhnya.” Saat itu ia sedang menunggu harta dari Mesir yang dititipkan kepada sebuah kafilah.

Ia kemudian mengeluarkan zakat dan sedekah dengan harapan hartanya selamat, sekaligus membuktikan kebenaran sabda Rasulullah. Tak lama datanglah sebuah surat yang menyatakan bahwa kafilah tempat dirinya menitipkan harta telah dirampok.

Ia pun murka dan menghunus pedang hendak membunuh Rasulullah. Namun belum sampai ia di rumah Rasulullah, datang lagi surat susulan dari pembantunya yang ikut dalam kafilah, “Jangan engkau bersedih. Kafilah memang dirampok, hanya aku tertinggal di belakang sehingga aku dan hartamu selamat.”

Demi mendengar surat yang menentramkan hatinya tersebut, ia pun membuang pedangnya dan menyatakan beriman di hadapan Rasulullah. Demikianlah berkah zakat dan sedekah yang mampu menjaga harta, bahkan harta non-Muslim sekalipun.

Jika non-Muslim saja diberi keamanan harta dan taufik untuk memeluk Islam dengan mengeluarkan zakat dan sedekah, lalu bagaimana dengan orang Islam yang mengeluarkan zakat dan sedekahnya?


Sumber : Kitab Durratun Nashihin bab 24 hal. 162 karya Imam Utsman bin Hasan Asy-Syakir



(Dian Kusumaningrum via bangkitmedia.com)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar

close
Ardha Kids