Ketika Presiden Jokowi Fasih Nyanyikan 'Ya Lal Wathan'

Ketika Presiden Jokowi Fasih Nyanyikan 'Ya Lal Wathan'

Presiden Republik Indonesia (RI) H Joko Widodo (Jokowi) tampak fasih menyanyikan lagu Mars Ya Lal Wathan saat menghadiri silaturahim dengan ribuan alumni dan keluarga besar Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (18/12) petang.

Mars Ya Lal Wathan merupakan lagu karya almaghfurlah KH Wahab Hasbullah (Mbah Wahab) sebagai pendiri sekaligus penggerak Nahdlatul Ulama (NU) yang belakangan ini masif dinyanyikan kalangan santri dan para kiai. Terlebih saat mereka menggelar kegiatan formal, lagu itu kerap menjadi penyemangat peserta acara.

Orang nomor satu di Republik Indonesia ini sembari mengepalkan tangan kanannya sebagaimana para santri dan kiai kala menyanyikan lagu tersebut.

Mantan Gubernur DKI ini di panggung utama Gedung Serbaguna KH Hasbullah Sa'id, didampingi sejumlah petinggi Pesantren Bahrul Ulum, Menteri Agama H Lukman Syaifuddin, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan beberapa jajaran pemerintah lainnya.

Rupanya, saat mantan Wali Kota Solo menyanyikan Ya Lal Wathan tak luput dari pantauan pengguna handphone (hp), mereka mengabadikannya dan mengupload di beberapa media sosial (medsos).

Hari ini, Rabu (19/12) di beberapa media sosial seperti Facebook (fb) muncul video Jokowi tersebut, misalkan akun fb dengan nama Abdul Syakur. Akun yang diketahui warga asal Jombang ini menguploadnya sekitar 7 jam lalu sejak berita ini ditulis.

Terkait hal ini, Ketua Umum Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, KHM Wafiyul Ahdi Amanullah mengatakan, bukan tanpa sebab Presiden Jokowi diketahui bisa menyanyikan Ya Lal Wathan dengan sangat fasih.

Menurut kiai muda ini, hal itu karena sosok Jokowi yang sudah dekat dengan santri dan pesantren. Bahkan di masa kepemimpinannya, tak jarang Jokowi mengunjungi sejumlah pesantren di tanah air guna silaturahim dengan para kiai dan santri. "Itu menunjukkan beliau sudah sering blusukan ke pesantren," katanya, Rabu (19/12).

Dan setiap kali datang ke pesantren, lanjut Gus Wafi sapaan akrabnya, Presiden Jokowi juga selalu dikenalkan dan disambut dengan lagu mars tersebut. "Jadi beliau fasih melafalkannya," tukasnya. (Syamsul Arifin/Muiz/NU Online)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar

close
Ardha Kids