Jangan Bicara Agama Tanpa Paham, Bisa Ngawur!

Jangan Bicara Agama Tanpa Paham, Bisa Ngawur!

Pengasuh Pondok Pesantren Asyik Mahabatillah, Cikarang Utara, KH Ihsanuddin Al-Badawy berpesan kepada warga Nahdlatul Ulama agar tidak berbicara masalah agama dengan tanpa dasar dan tanpa pemahaman yang cukup.

“Kalau kita tidak paham dengan suatu masalah keagamaan, jangan pernah kita bicara dalam-dalam soal itu. Karena nanti jadinya ngawur,” tegasnya, dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad, di Halaman Ponpes Asyik Mahabbatillah, pada Jumat (28/12) malam.

Menurutnya, manakala ingin berbicara mengenai agama secara terperinci, maka perlulah mempelajari berbagai disiplin ilmu seperti nahwu, sharaf, mantiq, dan balaghah.

“Kita juga harus bisa baca kitab kuning,” tegasnya.

Rais Syuriyah Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Cikarang Utara ini mengingatkan bahwa agama tidak bisa dicerna dengan akal.

“Makanya terkadang banyak, hukum yang tidak bisa dicerna akal. Seperti wudhu, kenapa yang dibasuh hanya sebagian tangan, kaki, dan kepala. Itu kalau pakai akal, tidak akan ketemu,” katanya.

Selain itu, lanjut Kiai Ihsan, hukum waris pun demikian. Dalam Islam, anak laki-laki mendapatkan hak waris lebih banyak daripada anak perempuan.

“Itu kenapa bisa begitu pembagiannya? Susah kalau tidak ngaji,” katanya.

Keributan terjadi, ia menambahkan, karena ketidakpahaman terhadap ilmu agama. Sebaliknya, jika seseorang paham dengan berbagai persoalan keagamaan, maka keributan bisa diatasi.

“Karenanya belajarlah terlebih dulu ilmu agama hingga tuntas, baru kita bisa berbicara tentang masalah keagamaan,” katanya.

Selain Kiai Ihsan, tampak hadir KH Muhammad Abbas dari Buntet Pesantren Cirebon yang berceramah. Kemudian, beberapa pengurus MWCNU Cikarang Utara dan PCNU Kabupaten Bekasi pun turut hadir.

Selain itu, hadir juga pengurus lembaga dan badan otonom NU, seperti IPNU IPPNU, GP Ansor dan Banser, PSNU Pagar Nusa, Lesbumi, Fatayat, serta Muslimat NU Kabupaten Bekasi. (Aru Elgete/Abdullah Alawi/NU Online)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar