Nabi Pun Memperingati Maulid Setiap Pekan, Bagaimana Kita?

Nabi Pun Memperingati Maulid Setiap Pekan, Bagaimana Kita?

Pengasuh Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam (API) Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) mengingatkan bahwa Rasulullah SAW memperingati maulid atas kelahirannya bukan hanya setiap tahun. Setiap pekannya Rasulullah melakukan petingatan maulid dengan berpuasa pada hari Senin, hari kelahiran beliau.

"Siapa bilang Rasulullah Muhammad SAW tidak memperingati hari kelahirannya. Beliau berpuasa tiap Senin. Saat ditanya oleh sahabat kenapa engkau berpuasa ya Rasul? aku berpuasa karena di hari itu aku dilahirkan dan di hari itu pula lah aku mendapatkan wahyu pertama kali," ungkap Gus Yusuf melalui video di akun Facebook Gus Yusuf Channel, Senin (19/11)

Gus Yusuf menambahkan banyak cara memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad yang salah satunya adalah dengan berpuasa.

"Beliau bahkan memperingati maulid itu setiap minggunya, setiap hari Senin. Kalau kita kan hanya setahun sekali," tegasnya.

Gus Yusuf juga menjelaskan faedah dari maulid  dengan sebuah hadits Nabi yang menjelaskan syafaat lah yang akan didapat dengan memperingati hari kelahirannya.

"Siapa yang mengagungkan hari kelahiranku, niscaya aku akan memberi syafaat kepadanya kelak pada hari kiamat, dan siapa mendermakan satu dirham untuk menghormati kelahiranku, maka seakan-akan dia telah mendermakan satu gunung emas di dalam perjuangan fi sabilillah," jelasnya sesuai dengan hadits Rasul.

Maka ia pun mengajak seluruh umat Islam untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad dengan memperbanyak shalawat dan dengan mengurai kembali kisah-kisah keteladanan nabi agar selalu menjadi tuntunan dan panutan.

"Tidak ada lagi keraguan untuk memperingati Maulid Nabi. Shollu Ala Nabi Muhammad," pungkasnya. (Red: Muhammad Faizin/NU Online)

Baca juga:

Mereka yang mau memberontak negara tapi berlindung dibalik Kalimat tauhid, Khawarij namanya

Mereka yang mau memberontak negara tapi berlindung dibalik Kalimat tauhid, Khawarij namanya

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar