Peringati Hari Santri, GP Ansor Rembang Bersihkan Pantai Sepanjang 7,1 Kilometer

Peringati Hari Santri, GP Ansor Rembang Bersihkan Pantai Sepanjang 7,1 Kilometer

Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Rembang, melakukan gerakan bersih pantai secara serentak di daerah setempat.

Kegiatan itu sebagai bentuk 'amal sosial' memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh tiap 22 Oktober.


"Relawan yang terlibat dalam kegiatan tercatat ‎1.026 orang. Selain anggota Ansor dan Banser, masyarakat juga terlibat, termasuk para santri dan pelajar," kata Koordinator aksi Abdul Hakim, dalam keterangan tertulis, yang diterima Tribun Jateng, Senin (22/10/2018).

Menurut Hakim, terdapat 10 ruas pantai di sepanjang Pantura Rembang, yang menjadi lokasi kegiatan, dengan total panjang mencapai 7,1 kilometer.

Di antaranya Pantai Belitung‎ di Kecamatan Sarang, Pantai Balongan di Kecamatan Kragan, lalu di Kecamatan Sluke ada Pantai Sendangmulyo, Pantai Dasun di Kecamatan Lasem.

Serta, di Kecamatan Rembang ada Pantai Tasikagung, Pantai Nyamplung Tritunggal, dan Pantai Pasarbanggi, serta di Kecamatan Kaliori ada Pantai Wates Tasikharjo.

Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser Kabupaten Rembang, Zaenal Arifin, menambahkan gerakan bersih pantai secara serentak merupakan instruksi dari Pimpinan Pusat GP Ansor melalui Satkornas Banser.

"Selain karena instruksi tersebut, gerakan ini sekaligus untuk memantaskan pantai sebagai halaman depan masyarakat Pantura Rembang," ujarnya.


Sebelum melakukan gerakan bersih pantai, sebagian anggota GP Ansor dan Banser mengikuti apel Hari Santri Nasional 2018 di Alun-alun Rembang.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Rembang M Hanies Cholil Barro', menambahkan gerakan bersih pantai ini merupakan dukungan terhadap kiprah santri di tengah masyarakat.

"Kader Ansor dan Banser adalah santri dari KH Hasyim Asy'ari (Pendiri Nahdlatul Ulama, red.). Santri perlu diberikan kesempatan untuk ikut serta membangun negeri," ujarnya.

Ia menegaskan, kiprah santri dibutuhkan dalam menjaga bangsa ini dari ancaman radikalisme dan terorisme mengatasnamakan agama, serta membangun negeri dengan Islam yang rahmah. (yan)


---
Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Peringati Hari Santri, GP Ansor Rembang Bersihkan Pantai Sepanjang 7,1 Kilommeter

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar