Menag: Saya Menolak LGBT, Tapi Mereka Harus Dibimbing Jangan Dikucilkan

Menag: Saya Menolak LGBT, Tapi Mereka Harus Dibimbing Jangan Dikucilkan

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin menyampaikan klarifikasinya tentang isu dukungannya terhadap kelompok LGBT. Dalam sebuah video berdurasi 1 menit 54 detik, Menteri Lukman menyampaikan sikap dan pandangannya tentang kelompok ini. Berikut isi pidatonya:

Assalamualaikum Wr Wb  

Sehubungan dengan beredarnya tayangan video yang berisi potongan foto-foto atau gambar-gambar yang mengesankan seakan-akan saya mendukung atau bahkan lebih jauh, melegalkan perulaku LGBT, maka dengan ini saya ingin meyampaikan klarifikasi sebagai berikut:

Pertama adalah bahwa tindakan dan perilaku LGBT adalah tindakan yang menyimpang menurut ajaran agama. Semua agama menolaknya. Dan karenanya sayapun menolak tindakan atau perilaku LGBT.

Kedua justru karena kita menolak tindakan yang menyimpang itu, dan agar tindakan atau perilaku itu tidak menyebar luas di tengah masyarakat, maka menurut hemat saya kewajiban setiap kita sebagai umat beragama dan pemuka agama untuk memberikan pendampingan, bimbingan, pembinaan kepada mereka semua secara empatik, agar mereka yang melakukan tindakan menyimpang tersebut, karena satu dan lain hal itu tidak lagi melakukannya. 

Pendekatan empatik ini diperlukan dan kita harus mengindarkan dari perilaku menghina mereka, merendahkan, menista mereka, mengucilkan mereka, bahkan merendahkan dan menghilangkan eksistensi kemanusiaan mereka. 

Mudah-mudahan dengan klarifikasi ini, semakin jelas sikap dan pandangan saya mengenai LGBT ini. (Ahmad Rozali/NU Online)

Baca juga:

Apa Komentar anda?

Tidak ada komentar